Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton menjadi pebalap Formula 1 pertama yang merengkuh kemenangan ke-100 dalam kariernya setelah menjuarai Grand Prix Rusia pada Minggu demi kembali ke puncak klasemen sementara.

Pebalap Red Bull Max Verstappen finis runner-up setelah start dari posisi paling belakang sebagai penalti atas penggunaan power unit baru. Sang pebalap Belanda harus lengser sebagai pemuncak klasemen namun menjaga jarak dua poin saja dari Hamilton.

Carlos Sainz melengkapi podium di tempat ketiga untuk Ferrari.

Di saat sang juara dunia merayakan capaian pribadinya, Mercedes mempertahankan rekor tak terkalahkan di Sirkuit Sochi sejak trek di komplek Olimpiade Musim Dingin itu menjadi tuan rumah GP Rusia sedari 2014.

Baca juga: Pakai power unit baru, Verstappen start GP Rusia dari belakang
Baca juga: Kualifikasi GP Rusia: Norris klaim pole position perdana

Pebalap McLaren Lando Norris memiliki peluang mengonversi pole position perdananya menjadi kemenangan pertama setelah memimpin di sebagian besar lomba, namun keputusan untuk tidak berganti ban intermediate saat hujan turun lebih larut menjadi malapetaka.

Mereka yang berganti ban dari slick ke ban basah diuntungkan seperti ketika Hamilton mengubah defisit 25 detik saat hujan turun deras untuk menyalip Norris ketika ia tergelincir di sirkuit basah Sochi.

Norris dan McLaren terlambat bereaksi dan sang pebalap berusia 21 tahun asal Inggris mendapati posisinya melorot ke P7.

Sementara Verstappen tampil mengagumkan memulihkan posisinya ke P2 meski finis 53 detik setelah Hamilton, demikian laman resmi Formula 1.

Daniel Ricciardo melewatkan podium kedua secara beruntun dengan margin hanya tiga detik saat ia membawa McLaren ke P4 mengungguli Valtteri Bottas di mobil Mercedes kedua.

Fernando Alonso mengamankan P6 untuk tim Alpine di depan Norris, sementara Kimi Raikkonen (Alfa Romeo), Sergio Perez (Red Bull) dan George Russell (Williams) melengkapi peringkat sepuluh besar.

Baca juga: Cuaca buruk batalkan FP3 GP Rusia
Baca juga: Hamilton yakin Verstappen di bawah tekanan tapi tak akan mengakui
Baca juga: Verstappen sindir tajam komentar "di bawah tekanan" Hamilton

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021