Kecepatan Bottas belum tersaingi, Mercedes dominasi latihan GP Rusia

Kecepatan Bottas belum tersaingi, Mercedes dominasi latihan GP Rusia

Pebalap tim Mercedes Valtteri Bottas menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Rusia, Sochi Autodrom. (24/9/2021) (ANTARA/REUTERS/Maxim Shemetov)

Jakarta (ANTARA) - Kecepatan Valtteri Bottas belum terkalahkan hingga sesi latihan kedua Grand Prix Rusia saat pebalap Finlandia itu mengungguli rekan satu timnya, Lewis Hamilton, demi membuat Mercedes kembali dominan Jumat sore waktu setempat.

Pada saat Mercedes menjadi tim yang belum terkalahkan di Rusia sejak Sirkuit Sochi menggelar balapan perdana pada 2014, pemuncak klasemen sementara Max Verstappen bakal start dari posisi paling belakang karena Red Bull menyematkan power unit baru di mobil sang pebalap Belanda.

Verstappen yang unggul lima poin dari Hamilton dalam klasemen, sudah terlebih dahulu diganjar penalti tiga posisi grid setelah menyebabkan tabrakan dengan pebalap Inggris itu di Monza yang membuat kedua pebalap gagal finis.

Bottas yang mengungguli Hamilton dalam kedua sesi latihan Jumat, mengakhiri FP2 dengan catatan 1:33,593 demi mengalahkan sang juara dunia tujuh kali dengan margin 0,044 detik, demikian Reuters.

Di Sochi, Hamilton berharap mencapai kemenangan ke-100 dalam karier serta merebut kembali puncak klasemen pebalap saat sang rival terdekatnya bakal start dari posisi buntut.

Baca juga: Bottas pimpin finis 1-2 Mercedes di FP1 GP Rusia

Sementara itu Bottas, yang meraih kemenangan perdananya dalam F1 saat GP Rusia 2017, mengincar kemenangan pertamanya musim ini.

Akan tetapi, pebalap berusia 32 tahun yang akan hengkang ke Alfa Romeo musim depan itu belum pernah menangi balapan lagi sejak GP Rusia tahun lalu.

Mercedes saat ini memegang puncak klasemen konstruktor dengan unggul 18 poin dari Red Bull. Silver Arrow juga belum terkalahkan di Sochi sejak sirkuit di komplek Olimpiade Musim Dingin itu mengelar Grand Prix pada 2014.

Pierre Gasly mengakhiri sesi latihan Jumat sebagai pebalap tercepat ketiga untuk tim AlphaTauri, akan tetapi sang pebalap Prancis kehilangan sayap depannya setelah melibas kerb pada pengujung sesi.

Lando Norris yang finis runner-up di belakang rekan satu timnya Daniel Ricciardo di Monza, finis P4 untuk McLaren mengungguli pebalap Alpine Esteban Ocon.

Baca juga: Verstappen sindir tajam komentar "di bawah tekanan" Hamilton

Carlos Sainz mengklaim P7 untuk Ferrari diikuti Fernando Alonso dengan mobil Alpine-nya dan Sebastian Vettel di balik kemudi Aston Martin.

Di mobil Ferrari kedua, Charles Leclerc, seperti Verstappen akan start dari belakang karena melakukan pergantian power unit, melengkapi finis sepuluh besar di FP2.

Antonio Giovinazzi menabrakkan mobil Alfa Romeonya di Tikungan 9 sehingga menunda sesi latihan selama sembilan menit.

Kimi Raikkonen kembali membalap untuk Alfa Romeo akhir pekan ini setelah melewatkan dua balapan sebelumnya karena terjangkit COVID-19.

Baca juga: Hamilton yakin Verstappen di bawah tekanan tapi tak akan mengakui
 
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021