Surabaya (ANTARA) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu memuji penanganan COVID-19 di Jawa Timur yang sesuai data terus membaik, bahkan sudah masuk pada risiko rendah terhadap penularan kasusnya.

"Penanganannya di Jatim baik," ujarnya di sela kunjungannya di Surabaya, Jumat.

Kasus COVID-19 di Jawa Timur memang semakin melandai, dan Bed Occupancy Rate (BOR) yang menurun, di satu sisi upaya testing, tracing dan treatment kian masif dilakukan.

Berdasarkan keterangan dari Kemenkes RI, Jatim telah terbebas dari level 3 dan level 4.

Saat ini, di Jatim ada 19 kabupaten/kota dengan level 1 dan 19 daerah masuk level 2.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 tertinggi di Jateng, sembuh tertinggi di Jatim

Kendati demikian, Syaikhu tetap mengingatkan PKS Jatim untuk terus berperan serta dalam penanganan COVID-19 di Jawa Timur.

"Tidak boleh lengah, teman-teman di Jawa Timur harus terus waspada," ucap dia.

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyebut bahwa salah satu hal yang membuat COVID-19 di Jawa Timur terus melandai adalah doa-doa yang dipanjatkan para kiai.

"Di Jatim banyak pondoknya Pak Presiden PKS, sepertinya doa-doa para kiai dan habaib yang ada di Jatim berpengaruh pada terus membaiknya kondisi COVID-19 di sini," katanya.

Selain itu, menurut dia, peran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai pemimpin seluruh tim Satgas COVID-19 di Jawa Timur sangat signifikan sehingga kasus di Jatim terus menurun.

PKS Jatim, kata Irwan, menyatakan kesiapannya menyampaikan sudah berkoordinasi dengan Tim Reaksi Cepat COVID-19 (TRCC) untuk terus bersiaga.

"Sesuai arahan DPP, kami sudah menyampaikan kepada teman-teman untuk terus memasang telinga, terutama bagi lingkungan terdekat," kata politikus muda berusia 45 tahun itu.

"Insya Allah kami selalu siap mendukung pemerintah provinsi dalam penanganan COVID-19," tutur dia menambahkan.

Sementara itu, dalam kunjungan Presiden PKS ke Jawa Timur, turut mendampingi sejumlah pengurus, antara lain Sekretaris Ahmadi, Bendahara Lilik Hendarwati, Ketua MPW Yusuf Rohana, Ketua Dewan Syariah M Ajir Moenip, Ketua Bidang Humas Reni Astuti dan beberapa nama lainnya.

Dalam kunjungannya ke Jawa Timur, Syaikhu menjadwalkan kunjungan ke beberapa tempat, seperti ke petani garam dan cabe di Pamekasan, kemudian ke beberapa pondok pesantren dan berziarah ke makam Syaikhona Cholil di Bangkalan, Madura.

Baca juga: Presiden PKS tanggapi peluang duet Anies-Sandi pada Pilpres 2024
Baca juga: FPKS minta pemerintah kerja keras setelah berlakukan PPKM Darurat

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021