Kondisi perkembangan kesehatan prajurit Lanal Denpasar Bali, harus selalu terpantau guna terlaksananya tugas pokok dan siap siaga dalam menghadapi tantangan tugas kedepan
Denpasar (ANTARA) - TNI AL Denpasar, Bali melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) guna meningkatkan kesiapsiagaan prajurit.

"Kondisi perkembangan kesehatan prajurit Lanal Denpasar Bali, harus selalu terpantau guna terlaksananya tugas pokok dan siap siaga dalam menghadapi tantangan tugas kedepan," kata Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Kamis.
 
Ia mengatakan dengan terlaksananya kegiatan Urikkes ini, perkembangan kondisi kesehatan prajurit dan PNS Lanal Denpasar bisa terpantau dengan baik.
 
Urikkes yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan tensi, pemeriksaan tinggi dan berat badan, pemeriksaan darah lengkap, tes urine, pemeriksaan gigi, rontgen, pemeriksaan mata, pemeriksaan jantung EKG, pemeriksaan dalam (varises, ambeien dan varikokel), serta pemeriksaan THT.
 
Sementara itu, Ka. BK Lanal Denpasar Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani mengatakan untuk seluruh hasil pemeriksaan akan diperiksa oleh dokter Tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal V. Jika ditemukan hal yang perlu tindakan yang intensif akan dikoordinasikan untuk ditindaklanjuti.
 
"Tujuan dilaksanakannya Urikes ini untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dan kesiapan fisik seorang prajurit dalam menghadapi berbagai penugasan yang diberikan oleh komando atas," katanya.
 
Urikes merupakan tolok ukur pembinaan personil yang dilakukan oleh satuan dalam rangka menyiapkan prajurit yang siap tempur guna menunjang keberhasilan tugas-tugas satuan.
 
"Di samping itu dengan mengetahui tingkat kesehatan prajurit secara dini, diharapkan apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan dapat segera diambil langkah-langkah pencegahan secepat mungkin," katanya.
 
Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) Intensif III Tahun 2021 dilaksanakan di Gedung Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar. Kegiatan berlangsung selama dua hari tersebut diharapkan kepada seluruh Prajurit dan PNS Lanal Denpasar.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021