Serbuan vaksinasi COVID-19 maritim gunakan armada kapal perang

Serbuan vaksinasi COVID-19 maritim gunakan armada kapal perang

Serbuan vaksinasi COVID-19 oleh Lanal Gorontalo di Desa Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek Gorontalo Utara. (ANTARA/HO-Lanal Gorontalo)

Gorontalo (ANTARA) - Serbuan vaksinasi COVID-19 maritim di Pulau Dudepo, Kecamatan Anggrek, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggunakan armada kapal perang.

Komandan Lanal (Danlanal) Gorontalo, Letkol Laut (P) Homa Sugama, di Gorontalo, Kamis, mengatakan, pihaknya menggunakan armada kapal perang untuk menjemput warga sasaran penerima vaksin.

Akses antardusun di pulau itu sulit ditempuh melalui jalan darat, sehingga penjemputan melalui laut harus dilakukan untuk mengumpul warga di Dusun 1 Dudepo.

"Ini untuk memudahkan warga segera berada di gerai vaksinasi yang disiapkan untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19," katanya.

Selama ini warga Pulau Dudepo mengalami kesulitan mendapatkan vaksin COVID-19 akibat keterbatasan akses transportasi.

"Kita memudahkannya, dan mengemasnya melalui kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 maritim bekerja sama dengan seluruh unsur yang ada di daerah ini. TNI AL menyiapkan empat tenaga kesehatan, yaitu satu orang dokter dan tiga orang vaksinator," katanya lagi.

Serbuan vaksinasi maritim tersebut sebagai komitmen TNI AL untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah dalam upaya membentuk kekebalan tubuh bersama.

"Kami pun sangat bersyukur masyarakat sangat antusias mendapatkan vaksinasi ini," katanya pula.

Data Dinas Kesehatan setempat, persentase capaian vaksinasi COVID-19 di pulau tersebut baru mencapai 13 persen tersebar di 5 dusun.

Melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, diharapkan persentasenya segera naik signifikan.

Serbuan vaksinasi COVID-19 maritim akan menyasar wilayah pesisir, termasuk pulau-pulau kecil berpenghuni, serta di lokasi pelabuhan perikanan Kwandang.

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat Pulau Soop Sorong

Baca juga: Laut Arafuru pun diarungi demi mengemban misi vaksinasi

Baca juga: Pangkep rampungkan pengiriman vaksin COVID-19 ke pulau terluar

 
Serbuan vaksinasi COVID-19 oleh Lanal Gorontalo di Desa Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek Gorontalo Utara. (ANTARA/HO-Lanal Gorontalo)
Pewarta : Susanti Sako
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021