Upaya melalui pembelajaran terstruktur mulai menunjukkan hasilnya
Makassar (ANTARA) - Dua Tim Robotic Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar yang turut serta dalam Asean Robotic Day (ARD) 2021 berhasil keluar sebagai juara satu.

Kepala MAN 2 Kota Makassar Darmawati di Makassar, Kamis, mengucap syukuratas prestasi yang diraih anak-anak didiknya sebagai juara satu pada kompetisi robotic tingkat Asean itu.

"Alhamdulillah MAN 2 Kota Makassar meraih juara 1 pada dua dari lima kategori yang diperlombakan dengan hanya mengirim dua tim pada kejuaraan yang elegan ini," ujarnya.

Dua tim utusan MAN 2 Makassar masing-masing meraih Juara 1 pada dua kategori berbeda. Tim Fantastic Four yang terdiri dari Syafila Firdha Nafeeza (X MIPA 2), Ghiyas Fazle Mawla (X MIPA 2), Muhammad Restu Dwi Saputra (X MIPA 3), dan Syahnanda Dwi Putri (X MIPA 4) meraih juara 1 untuk lomba kategori Theater.

Sedangkan Tim Cibi-Cibi yang terdiri dari Putri Saktiani (XII MIPA 2), Andi Nur Annisa Syarkawi (XII MIPA 2), dan Afifah Nur Ramadhani ( XI MIPA 1) meraih juara 1 untuk lomba karegori Simple Task Robot Creation (STRC).

Kompetisi Asean Robotic Day 2021 itu merupakan kompetisi dua tahunan yang diikuti sekolah tingkat SD, SMP, SMA/K se-Asean. Ajang ini dilaksanakan secara virtual dari tanggal 21 dan 22 September 2021.

Darmawati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut termasuk para pembimbing siswanya tersebut.

Baca juga: Tiga siswa minta dukungan Wali Kota Makassar di Asean Robotic Day

Baca juga: Pegiat robotika Indonesia butuh dukungan lebih besar


"Terima kasih kepada semua tim, khususnya Andi Hidayatullah selaku pembina robotik, tim jurnalistik madrasah dan pimpinan Kementerian Agama yang terus memberikan dukungan kepada madrasah untuk semakin mandiri dan berprestasi, serta seluruh warga Kota Makassar dan Sulsel atas doa dan dukungannya, ini adalah awal yang baik dan cikal bakal lahirnya teknokrat-teknokrat muslim dari Madrasah," katanya.

Dedi Rimantho selaku pembina Robotic MAN 2 Kota Makassar menambahkan, pembinaan yang telah dilakukan selama ini mulai menunjukkan hasil.

"Kami bersyukur mendapat kesempatan juara di ajang ARD ini. Upaya yang kami lakukan melalui pembelajaran terstruktur mulai menunjukkan hasilnya. Ajang ini bukan yang terakhir bagi MAN 2 Makassar. Kami berharap agar mampu berprestasi di ajang internasional lainnya," ucapnya.


Baca juga: ASEAN Robotic Day sebagai penguatan daya saing pegiat robotika

Baca juga: Kemendikbud: Asean robotic cikal bakal masa depan penerus bangsa

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021