UI inisiasi kuliah daring global pertama tentang "greenmetric"

UI inisiasi kuliah daring global pertama tentang

Tangkapan layat informasi mengenai kuliah secara daring bernama UI GreenMetric Online Course on Sustainability, (FOTO ANTARA/HO-Humas UI)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) GreenMetric merancang gagasan program kuliah pertama secara daring bernama UI GreenMetric Online Course on Sustainability, yang selaras dengan strategi UI GreenMetric tentang keberlanjutan.

"Kuliah ini dirancang sebagai kuliah pengantar jenjang sarjana dengan latar belakang pertanyaan paling menantang yang dihadapi oleh generasi kita, yaitu bagaimana dunia dapat berkembang dengan cara yang inklusif secara sosial, tahan lama secara lingkungan, dan layak secara finansial," kata penggagas kuliah daring UI GreenMetric, Junaidi dalam keterangan tertulis di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Ia menjelaskan kuliah ini membahas interaksi kompleks antara ekonomi, kehidupan sosial, dan lingkungan fisik planet bumi, serta konsekuensi dari aktivitas manusia di lingkungan planet dan solusi untuk menghadapinya.

"Dalam kuliah ini mengontekstualisasikan tantangan-tantangan di berbagai negara seperti Brasil, Kolombia, Ekuador, Hongaria, Indonesia, Tunisia, dan Uni Emirat Arab,” katanya.

Kuliah global daring pertama di dunia ini, kata dia, ditawarkan oleh universitas terkemuka di empat benua dan tujuh negara kepada anggota UI GreenMetric World University Rankings Network.

Tujuh universitas yang merancang program kuliah ini, yakni University of Sao Paulo (Brasil) sebagai tuan rumah, El Bosque University (Kolombia), Escuela Superior Politécnica de Chimborazo (Ekuador), University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Sousse (Tunisia), University of Szeged (Hongaria), dan Universitas Indonesia.

Selama lebih dari 11 tahun, kata dia, UI GreenMetric World University Rankings telah mencapai misi yang memungkinkan universitas di seluruh dunia untuk melakukan berbagai kegiatan berkelanjutan.

Untuk mencapai hal ini, universitas tersebut fokus pada tiga tema prioritas, yaitu membentuk Global Higher Education and Research, menciptakan Global Sustainability Leaders, dan bermitra pada solusi untuk tantangan keberlanjutan.

Untuk menerapkan prioritas tematik kedua, tujuh perguruan tinggi anggota menawarkan kuliah daring gratis untuk universitas anggota UI GreenMetric World University Rankings Network.

Pada Tahun 2021 ini, menurut Junaidi, peserta dibatasi dari tujuh universitas yang menggagas saja, namun di tahun selanjutnya kemungkinan mahasiswa dari universitas peserta UI GreenMetric dapat ikut serta.

Pendiri UI GreenMetric Prof Riri Fitri Sari mengatakan semua peserta adalah pembelajar yang sangat baik dari seluruh penjuru dunia, dapat menciptakan suasana kolaboratif untuk menjadi agen perubahan dan berkolaborasi secara global untuk mengubah kampus, negara, dan planet bumi.

"Anda akan menjadi pemimpin besar dan kontributor transformasi menuju dunia yang lebih layak huni dan sejahtera setelah mengikuti isu-isu lingkungan, ekonomi dan sosial,” katanya.

"Misi kami meninggalkan dunia yang lebih baik bagi generasi mendatang, akan menjadi kenyataan ketika anda mulai berbicara tentang ekonomi hijau dan biru, serta semua aspek realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang ditunjukkan oleh generasi sebelumnya. Kami menantikan banyak terobosan, pekerjaan ramah lingkungan, dan kolaborasi internasional," katanya.

Persyaratan untuk mengikuti kuliah yang ditawarkan adalah seseorang harus merupakan mahasiswa pada jenjang sarjana (tahun ke-3) dan jenjang magister, memiliki IPK minimal 3.0 dari 4.0, mampu melakukan kegiatan akademik, serta telah mendapatkan rekomendasi dari universitas asal.

Program ini resmi diluncurkan pada Agustus 2021 dengan pendaftaran peserta yang dimulai dari Agustus sampai September 2021 (periode masa belajar dari 8 September sampai 14 Januari 2022). Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti atau ingin mengetahui informasi tentang kuliah ini dapat mengunjungi tautan https://greenmetric.ui.ac.id/online-course.

Kuliah tersebut diatur dalam 17 minggu, dengan alokasi waktu 13 minggu pertemuan di kelas, 1 minggu untuk pembukaan, dan 3 minggu sisanya untuk seminar proyek. Materi yang akan diberikan berupa rekaman video, bahan bacaan, kuis, dan 4 (empat) kali pertemuan sinkronus. Sekitar 30 jam dibutuhkan untuk menyelesaikan kuliah yang dapat diatur sendiri waktunya.

Selain itu kuliah ini diakui sebagai bagian dari kredit mata kuliah yang dimasukkan dalam transkrip nilai ijazah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di universitas asal.

Bahasa pengantar dalam kuliah tersebut adalah bahasa Inggris, dan setiap peserta mendapatkan UI GreenMetric Certificate of Participation, demikian Riri Fitri Sari,

Baca juga: UI GreenMetric umumkan daftar kampus berkelanjutan di tingkat dunia

Baca juga: UI raih peringkat pertama kampus terhijau di Indonesia

Baca juga: UI Greenmetric gelar lokakarya kampus hijau di Ekuador

Baca juga: UI GreenMetric berikan penghargaan sepuluh universitas terhijau dunia
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021