Pemprov Sulut pastikan bantuan bagi korban banjir di Minahasa Tenggara

Pemprov Sulut pastikan bantuan bagi korban banjir di Minahasa Tenggara

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey meninjau bencana banjir bandang di Minahasa Tenggara. (ANTARA/HO-Dok. Pribadi). (1)

Minahasa Tenggara (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara memastikan dalam waktu dekat segera memberikan bantuan bagi korban banjir bandang di Kabupaten Minahasa Tenggara, pada Senin (20/9).

"Saya sudah perintahkan seluruh instansi terkait untuk melakukan penanganan korban bencana banjir bandang di Minahasa Tenggara ini," kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey di Ratahan, Rabu.

Baca juga: Pemkab tetapkan darurat bencana di Minahasa Tenggara

Baca juga: Banjir bandang di Minahasa Tenggara rusak rumah dan jalan nasional


Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara memastikan penanganan bencana dilaksanakan dengan baik.

"Kami prihatin dengan kondisi bencana ini, apalagi dampak kerusakan sangat besar. Komitmen kami saat ini untuk membantu warga yang menjadi korban bencana," ujarnya.

Selain itu, kata Gubernur, pendataan terhadap infrastruktur publik serta bangunan rumah warga yang mengalami kerusakan sudah harus segera dilakukan.

"Kami segera melakukan pendataan infrastruktur, termasuk rumah warga yang mengalami kerusakan untuk diperbaiki. Tapi, untuk saat ini kami prioritaskan bagi pemenuhan kebutuhan pangan warga yang menjadi korban," ujarnya.

Dia mengaku telah melaporkan kejadian ini dan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait untuk penanganan setelah bencana.

"Saya sudah berkomunikasi langsung dengan beberapa menteri dan telah melaporkan kondisi bencana di Minahasa Tenggara. Kami upayakan ada bantuan bagi warga yang menjadi korban bencana banjir ini," ucapnya.

Baca juga: BRI salurkan bantuan tanggap bencana banjir di Minahasa Tenggara
Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021