Produksi tembakau PTPN X meningkat 204 ton per Agustus 2021

Produksi tembakau PTPN X meningkat 204 ton per Agustus 2021

Seorang pekerja sedang menata daun tembakau kering PTPN X. ANTARA/HO-PTPN X/am.

Surabaya (ANTARA) - Produksi tembakau PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X meningkat 204 ton per Agustus 2021 hingga mencapai 8.977 ton daun hijau, dibanding dengan periode yang sama tahun 2020 yang mencapai 8.773 ton daun hijau.

Direktur PTPN X, Tuhu Bangun dalam siaran persnya di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, mengaku bersyukur atas peningkatan itu, yang disebabkan perbaikan yang dilakukan di sisi on farm maupun off farm.

Tuhu mencatat, capaian produksi 8.977 ton daun hijau tersebut mencapai 77 persen dari target tahun 2021, dengan rendemen yang meningkat 0,8 persen. Sedangkan untuk kualitas NW tercapai sebesar 24 persen dengan rendemen 6,87 persen.

Baca juga: PTPN V raup Rp168,8 miliar dari sertifikasi internasional

Ia mengatakan, untuk mencapai kualitas yang diinginkan, PTPN X fokus mengawal setiap proses, mulai dari persiapan lahan, pemeliharaan, hingga proses curing.

"Perbaikan di sisi on farm salah satunya diwujudkan dalam bentuk tidak dilakukannya pemetikan daun tembakau atas yang memiliki ukuran kurang dari 40 cm. Hal tersebut dilakukan juga sebagai upaya untuk efisiensi biaya," katanya.

Ia menjelaskan, perbaikan yang dilakukan secara linier itu menghasilkan tembakau dengan kualitas yang seragam, dan memudahkan melakukan segmentasi market, yang berujung pada peningkatan nilai penjualan.

Baca juga: Kemenperin usulkan Sistem Resi Gudang guna dongkrak tembakau lokal

Sementara itu, Tahun 2021 ini PTPN X menargetkan luas tanam sebesar 600 Hektare. Angka ini meningkat 100 Ha dibandingkan tahun 2020 lalu.

"Peningkatan luas tanam dikarenakan kepercayaan investor kepada kualitas tembakau yang dimiliki PTPN X. Ke depannya, luasan tembakau akan terus ditambah, seiring dengan peningkatan kepercayaan investor," katanya.

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021