BNPT kunjungi UMKM mitra deradikalisasi di Kalimantan Timur

BNPT kunjungi UMKM mitra deradikalisasi di Kalimantan Timur

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar (kanan) mengunjungi Wisata Agro Suka Raja yang dikelola oleh mantan narapidana terorisme Puryanto (kiri) di Kabupaten Penajam Panser Utara, Kalimantan Timur, Senin (20/9/2021). ANTARA/HO-Humas BNPT

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengunjungi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra deradikalisasi BNPT Kalimantan Timur di Wisata Agro Suka Raja, Kabupaten Penajam Panser Utara, Kalimantan Timur.

"BNPT bangga dapat menjadi bagian dari yang dapat berkunjung ke Wisata Agro Suka Raja,” kata Boy Rafli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Kepala BNPT ini sangat mengapresiasi pengelolaan kawasan agrowisata yang diinisiasi oleh Puryanto, salah satu mitra deradikalisasi BNPT. Puryanto merupakan para mantan narapidana terorisme (eks napiter) kasus Bom Bali 1 dengan hukuman 3 tahun 8 bulan.

Boy berharap agar kawasan agrowisata tersebut dapat menjadi sarana bagi mitra BNPT untuk melakukan hal positif di tengah masyarakat.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh mitra deradikalisasi yang telah memiliki usaha agar tidak melupakan tanggung jawab terhadap masyarakat untuk tetap memelihara kedamaian dan semangat bela negara.

"Tentunya mitra BNPT punya peran penting di daerah masing-masing dalam menciptakan sebuah perdamaian dan kerukunan serta menggelorakan bela negara," ujarnya.

Adapun usaha mitra deradikalisasi ini meliputi pembibitan dan penanaman sawit, pemanfaatan limbah Ulin, serta Wisata Agro Suka Raja yang terdiri atas pemancingan, kolam renang, flying fox, taman bunga, edukasi anak, perkemahan, dan seni budaya yang berdiri sejak 20 Mei 2021.

Puryanto, pemilik kawasan ini, menyatakan rasa senangnya ketika dikunjungi langsung oleh Kepala BNPT.

Selain itu, Puryanto juga meminta agar BNPT dapat memudahkan distribusi produk furniture dari limbah Ulin.

"Senang sekali karena merasa diperhatikan. Saya memohon kepada bapak pejabat gimana saya dimudahkan lempar barang produksi limbah Ulin seperti kursi dan furniture dari sini ke Malang. Mohon dibantu surat-suratnya," ungkap Puryanto.

Forum silaturahmi mitra deradikalisasi BNPT ini rutin sebagai bentuk perhatian negara kepada warganya sehingga dapat mempererat tali silaturahmi antara BNPT dan mitra dalam menangkal ancaman terorisme.

Baca juga: Tokoh muda NU: Silaturahmi nasional sebagai tabayyun dalam jaga NKRI

Baca juga: BNPT: Sikap intoleran dapat sebabkan bencana
Pewarta : Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021