Pedagang pasar tradisional itu setiap hari melayani pembeli. Mereka selalu berada di pusaran kerumunan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta agar vaksinasi COVID-19 bagi pedagang pasar tradisional diprioritaskan, mengingat aktivitas di pasar yang sudah mulai meningkat.

"Pedagang pasar tradisional itu setiap hari melayani pembeli. Mereka selalu berada di pusaran kerumunan. Maka, saya menilai mereka merupakan kelompok yang perlu mendapat prioritas vaksinasi," kata Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Ketua DPD La Nyalla mengapresiasi langkah pemerintah melalui TNI-Polri yang melakukan pelaksanaan vaksinasi bagi pedagang pasar tradisional di Pasar Induk Lau Cih Medan. Ia berharap langkah serupa dilakukan di pasar-pasar induk di daerah lain.

Menurut La Nyalla yang merupakan senator asal Jawa Timur itu, langkah yang dilakukan akan semakin mempercepat penciptaan kekebalan komunal yang menjadi program utama pemerintah di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Baca juga: Panglima TNI ucapkan terima kasih ke pedagang di Medan ikut vaksinasi

"Saya mengingatkan kepada para kepala daerah agar vaksinasi menyasar kelompok-kelompok yang potensial terlibat kerumunan seperti pasar tradisional agar roda ekonomi melalui perdagangan bergerak terus," ujarnya. 

Ketua DPD RI itu juga mengingatkan kepada kepala daerah agar mencapai target vaksinasi. Menurutnya, pemerintah telah mewanti-wanti jika vaksinasi tidak mencapai target maka kebijakan PPKM akan terus diperpanjang yang sangat berpengaruh terhadap percepatan pemulihan ekonomi.

Menurut dia, vaksinasi akan berdampak positif pada hampir seluruh sektor sendi kehidupan masyarakat mulai dari aspek kesehatan, hingga berkaitan erat dengan pergerakan ketahanan ekonomi nasional.

"Vaksinasi ini bukan hanya soal kesehatan belaka. Ada faktor penting lainnya yakni ketahanan ekonomi. Ketika vaksinasi berjalan sukses, maka perekonomian dasar masyarakat akan kembali bergerak. Dengan demikian, kehidupan masyarakat juga akan kembali berjalan," kata Ketua DPD RI La Nyalla.

Baca juga: Anies: Tahap awal vaksin bagi pedagang pasar bersifat penawaran

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021