Jakarta (ANTARA) - HR Software hadir dari berbagai masalah dan kesulitan yang dihadapi perusahaan. Perusahaan di mana sering mengalami kesulitan dalam sistem manajemen juga urusan kinerja divisi Human Resource yang akhirnya menjadi masalah.

Memiliki jumlah karyawan yang kian banyak menjadi kesulitan bagi perusahaan untuk menjalankan usaha tanpa bantuan HR Software ini.

Ingin tahu lebih jelas mengenai HR Software, maka simak penjelasannya lengkap seperti berikut.

Tentang HR Software

HR Software merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data karyawan dalam jumlah banyak. Di mana data karyawan contohnya seperti data absensi, penggajian, pajak, dan sebagainya yang bisa mempengaruhi performa karyawan. Semua data ini sudah terintegrasi dengan baik di database HR Software dan akan menghasilkan sebuah informasi untuk kepentingan keputusan bisnis perusahaan.

Banyak yang mengira jika dengan HR Software tercanggih masa kini bisa menggantikan staf HR. Justru ini tidak benar, karena posisi staff HR tidak bisa tergantikan karena manusia selalu membutuhkan manusia lainnya untuk pengelolaan kemampuan dan pendekatan personal.

Dan Software HR memiliki tugas penting dalam membantu tim HR untuk mengolah data dan elemen karyawan sehingga kinerja menjadi lebih cepat dan cermat, dan bukan menggantikan. Sehingga, peran tim HR dalam perusahaan tetap penting dan tidak bisa tergantikan.

Jenis-Jenis HR Software

Berikut ini contoh beberapa jenis HR Software yang bisa Anda ketahui, seperti:

1. Human Resource Information System

Human Resource Information System (HRIS) merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk mengelola sumber daya manusia, prosedur dan kebijakan perusahaan. Dengan adanya sistem ini, perusahaan bisa lebih mudah untuk berbagi informasi yang mendukung kinerja perusahaan. HRIS memiliki fungsi sebagai database, perekrutan, pelatihan, pelaporan sumber daya manusia dan keuntungan manajemen. Ada juga fitur yang bisa dilakukan seperti:

 1. Perekrutan
 2. Fungsi inti HR
 3. Perancangan Pelatihan
 4. Workflow Kinerja
 5. Layanan Mandiri (Self-Service)
 6. Laporan Rutin

2. Human Capital Management

Human Capital Management (HCM) terdiri dari unsur-unsur dari HRIS dengan pengembangan beberapa fungsi. Sistem ini memungkinkan HRD mengelola karyawan asing dari luar negeri dengan bahasa dan nilai mata uang yang berbeda.

Sistem ini juga menyediakan cara untuk perencanaan penggajian, penetapan tujuan, penganggaran, dan isu-isu lain yang berkaitan dengan kinerja karyawan. Fungsi tambahan yang bisa dilakukan meliputi:

 1. Orientasi dan Pengenalan (Onboarding)
 2. Manajemen kinerja (Performance Management)
 3. Kontrol posisi
 4. Suksesi
 5. Perencanaan Gaji
 6. Management SDM Global
 7. Analisa Data

3. Human Resource Management System

Human Resource Management System (HRMS) atau sistem manajemen SDM merupakan sebuah sistem yang komprehensif jika dibanding dengan HRIS dan HCM. HRMS menjadi cara bagi manajemen waktu dan karyawan terperinci.

HRMS ini membuat perusahaan bisa mengelola penggajian dan absensi secara bersamaan. Dan HRMS juga memiliki fungsi untuk menyediakan alat perencanaan dan evaluasi. Fungsi HRMS mencakup juga pada HRIS dan HCM ditambah untuk pengelolaan juga perhitungan penggajian, absensi, dan evaluasi.

Manfaat HR Software untuk Perusahaan

Beberapa manfaat dari HR Software yang bisa diketahui, adalah:

1. Sistem penggajian lebih akurat

Penggajian menjadi cermin mengenai perusahaan bisa menghargai karyawannya. Perusahaan harus teliti dalam menghitung gaji karyawan, termasuk upah lembur, bonus, THR sesuai dengan kinerja karyawan.

Penghitungan gaji dilakukan manual oleh manusia rentan terjadinya kesalahan dan manipulasi. Tapi adanya HR Software, perhitungan dan pengelolaan gaji akan sesuai dan tepat juga sesuai aturan yang berlaku.

2. Absensi Real Time

Kehadiran atau absensi karyawan menjadi penting bagi perusahaan. Absensi menjadi gambaran tingkat produktivitas dan kontribusi karyawan bagi perusahaan. HR Software dapat mengatur dan memantau absensi karyawan.

Dan tim HRD dapat melihat kapan jam datang karyawan di kantor saat itu juga dan ini terhubung ke sistem penggajian. Karyawan menerima gaji sesuai dengan jam masuk setiap bulannya.

3. Memudahkan Karyawan Mengajukan Cuti

Karyawan juga bisa mengakses HR Software dalam hal kepentingan untuk mengajukan cuti atau izin, melihat data kehadiran, dan pemasukan gaji bulanan. Karyawan tidak harus membuat surat permohonan cuti saat akan mengajukan karena sistem sudah secara otomatis sesuai jatah cuti karyawan.

4. Penyimpanan data pribadi

HR Software digunakan untuk menyimpan data karyawan, mulai dari data pribadi, data yang karir, cuti, sampai data penggajian secara digital. Seluruh data yang tersimpan dijamin keamanannya dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Efisiensi Waktu

Dengan tampilan yang sederhana HR Software dapat menghemat waktu sehingga tim HR bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Karyawan jadi tidak perlu takut untuk pengajuan hal-hal administrasi karena sudah terbantu dengan adanya HR Software ini.

6. Lebih Hemat

Dimana keuntungan menggunakan HR Software yaitu dapat mengurangi biaya bisnis di berbagai bidang, baik administratif, penggajian dan perekrutan karyawan. Dengan proses administrasi dan gaji, perusahaan bisa menghemat uang karena tidak harus menggunakan kertas.

Dan untuk proses rekrutmen bisa difasilitasi dengan menggunakan HR Software ini sehingga tim HR tidak perlu menyimpan semua data calon karyawan dalam bentuk fisik karena proses perekrutan sudah tercatat dalam sistem.

7. HR Menjadi Fokus

Dengan adanya HR Software ini, berbagai data yang disimpan dalam sistem bisa lebih mudah dan tertata rapi sesuai klasifikasi. Sehingga, data akan lebih mudah dianalisis dan diakses. Tim HR bisa lebih fokus pada tujuan utamanya, untuk melihat pengembangan sumber daya manusia dalam perusahaan tanpa harus berfokus terlalu lama dalam pencarian data atau hal-hal pengurusan administrasi lain.

Daftar HR Software Terbaik 2021

1. HR Software Talenta by Mekari

HR Software buatan Talenta by Mekari menjadi pilihan terbaik untuk perusahaan Anda. Di mana Software ini memuat banyak fitur yang cukup bermanfaat. Sehingga mampu membantu pekerjaan HR menjadi lebih efektif serta efisien. Sistem yang berbasis teknologi cloud dan didukung aplikasi mobile, tentunya hal ini menambah keuntungan dalam operasional HR perusahaan.

Software Talenta by Mekari diusung dengan fitur-fitur andalan. Beberapa fiturnya yang menjadi pertimbangan antara lain sebagai berikut.

 ● Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
 ● Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
 ● Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
 ● Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. HR Software WebHR

HR Software berikutnya yang menawarkan fitur-fitur lengkap dengan basis cloud yaitu WebHR. Menjadi salah satu software yang lama dipergunakan, WebHR memiliki lebih dari 25 ribu pengguna yang tersebar di berbagai negara di penjuru dunia. Memiliki fitur lengkap, software ini bisa membantu sistem kerja HR perusahaan lebih optimal.

WebHR memberikan berbagai fitur seperti pengelolaan kehadiran karyawan dan sistem payroll. Sehingga perusahaan bisa melakukan pengawasan pada absensi karyawan menjadi lebih mudah. Dan sudah terintegrasi dengan kehadiran karyawan bersama sistem payroll yang memudahkan tim keuangan dalam melakukan pembayaran payroll setiap bulannya.

3. HR Software Orangehrm

Selanjutnya HRIS terbaik yang bisa dicoba yaitu Orangehrm buatan negara Amerika Serikat. Software ini membantu dalam manajemen dan pengelolaan sumber daya yang lebih efektif dan lebih mudah.

Orangehrm memiliki fitur modular untuk pengelolaan manajemen sumber daya perusahaan. Dimana setiap modulnya didedikasikan untuk berbagai kebutuhan secara spesifik. Seperti untuk kebutuhan penilaian performa, modul pembayaran payroll, modul perjalanan penugasan karyawan, dan sebagainya. Dan dengan adanya sistem modul ini, perusahaan mudah mengelompokkan hal-hal yang harus dikelola secara maksimal. Hal ini membuat sistem HR perusahaan jauh lebih rapi dan lebih terstruktur.

4. HR Software Paycor

Dengan HR Software Paycor ini maka perusahaan bisa lebih mudah melakukan integrasi kehadiran karyawan dengan sistem payroll setiap bulannya. Paycor juga bisa membantu proses rekrutmen karyawan lebih mudah. Sehingga memberikan tingkat efisiensi dan efektifitas waktu bagi perusahaan dalam memilih kandidat yang tepat untuk posisi yang dibutuhkan.

Paycor juga menjadi salah satu HR Software yang banyak diminati oleh perusahaan. Memiliki teknologi yang mudah dan modern, tentunya ini mendukung kinerja HR perusahaan yang lebih optimal. Sehingga performa maupun produktivitas perusahaan secara tidak langsung menjadi lebih baik pula.

5. HR Software Namely

Ada juga HR Software Namely yang juga bisa membantu proses pengelolaan dan pengaturan karyawan secara maksimal dalam perusahaan. Software ini berasal dari Amerika Serikat dan dibuat di tahun 2012 dengan sistem yang Simple namun memiliki fitur yang lengkap.

Memiliki fitur yang cukup lengkap, software ini mampu membantu pekerjaan HR perusahaan menjadi lebih mudah juga efisien. Sehingga, perusahaan dapat melibatkan karyawan dalam mengelola sendiri data personal di dalam sistem.

Karyawan bisa memberikan informasi data pribadi, absensi hingga kinerja dan performa tahunan secara mudah. Sehingga nantinya perusahaan dapat mengelola informasi secara lebih mudah. Dan bisa melihat performa karyawan serta menentukan jenjang karir karyawan yang lebih optimal juga bisa dilakukan secara efektif.

6. HR Software Deskera

Selanjutnya HR Software ini dikenal dengan nama Deskera yang berasal dari Amerika Serikat. Software ini bisa digunakan perusahaan dalam mengatur dan mengelola seluruh informasi terkait karyawan perusahaan secara optimal. Sehingga hal ini membantu sistem kerja HR jauh lebih mudah dan lebih cepat.

Deskera memiliki beberapa fitur menarik yang memudahkan sistem absensi perusahaan. Seperti layaknya fitur HR kebanyakan, Deskera membantu karyawan untuk melakukan absensi yang bisa diawasi oleh perusahaan secara mudah. Selain itu juga membantu pembayaran payroll bulanan karyawan secara otomatis juga menyediakan laporan sesuai kebutuhan. Ditambah adanya fitur perhitungan sales dan kinerja karyawan, ini membuat Deskera menjadi salah satu software HR yang diunggulkan.

7. HR Software Apps Payroll and HR

HR Software terbaik yang mendapat banyak perhatian di tahun ini yaitu Apps Payroll and HR. Software yang menjadi salah satu aplikasi yang memuat banyak fitur bagi perusahaan. Menggunakan sistem cloud, tentunya perusahaan bisa melakukan input data yang mudah tanpa batas. Perusahaan bisa melakukan pengawasan lebih akurat dan fleksibel, juga dapat memperoleh laporan terkait pengelolaan karyawan dengan otomatis.

HR Software ini, memberikan fitur dalam pengelolaan gaji dan absensi karyawan yang bisa terintegrasi satu dengan yang lain. Dan memudahkan tim HR dan keuangan perusahaan untuk melakukan payroll bulanan. Adanya fitur administrasi karyawan yang lengkap, membuat Apps Payroll and HR memberikan manfaat yang maksimal dalam mendukung pengelolaan sumber daya perusahaan.

8. HR Software SAP Success Factors

HR Software SAP Success Factors dapat menjadi pilihan bagi perusahaan yang ingin mengelola sumber dayanya menjadi optimal dan efisien. Software ini bisa membantu pengelolaan sumber daya perusahaan lebih sukses. Dengan adanya berbagai fitur andalan di dalamnya, software ini bisa membantu perusahaan melakukan pengelolaan karyawan secara optimal.

HR Software ini dapat menghubungkan setiap karyawan lewat aplikasi yang dibuat secara mudah dan sederhana. Sehingga karyawan bisa memberikan input dan berkonsultasi kepada perusahaan secara cepat. Dan pihak perusahaan bisa bekerja sama dalam tim HR untuk melihat potensi karyawan secara maksimal. Sehingga nantinya lebih mudah melihat performa dan kinerja karyawan serta merencanakan program untuk karyawan yang paling tepat. Sehingga perusahaan bisa mengetahui mana karyawan yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut.

9. HR Software Hr.my

HR Software Hr.my bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk perusahaan yang ingin mengelola data karyawan lebih efektif. Software ini mendukung dalam membantu pekerjaan HR perusahaan. Seperti proses absensi karyawan, proses payroll, sampai proses reimbursement semua bisa dilakukan secara mudah. Dan Hr.my juga didukung berbagai fitur sharing dokumen dan informasi yang membantu perusahaan lebih mudah dalam mengkomunikasikan banyak hal.

Dengan basis aplikasi digital, hal ini memudahkan seluruh pihak dalam melakukan akses pada sistem ini kapan dan di mana saja. Juga pekerjaan jauh lebih mudah dan cepat juga dapat dilakukan secara fleksibel.

10. HR Software Zenefits

Dan terakhir, buat yang ingin tahu apa saja HR Software terbaik yang banyak diminati tahun ini, maka ada Zenefits. Sebagai aplikasi online yang mobile, Zenefits memudahkan perusahaan dalam mengatur payroll dan absensi karyawan secara mudah. Dalam aplikasi ini, perusahaan juga dapat mengatur jadwal kerja karyawan lebih optimal. Sehingga pengelolaan jam kerja karyawan dapat dijalankan secara tepat dari mana dan kapan saja. Karena itulah Zenefits cukup tepat dijadikan pilihan oleh berbagai jenis perusahaan. Baik perusahaan berskala kecil, hingga perusahaan menengah dan perusahaan yang cukup besar.

Itulah beberapa contoh mengenai HR Software HR Software terbaik, semoga menjadi manfaat.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021