Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan platform e-commerce Tokopedia untuk memasarkan produk- produk dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah (UMKM) lokal.

Kolaborasi itu dihadirkan dalam sebuah program bernama “Jumat Beli Lokal” mendukung inisiatif Jakpreuneur mendorong penumbuhan dan pengembangan wirausaha yang mandiri di DKI Jakarta.

“Program Jumat Beli Lokal adalah pameran daring produk unggulan UMKM asal Provinsi DKI Jakarta yang diadakan setiap Jumat melalui platform belanja digital seperti Tokopedia dan media sosial. Saya berharap program ini bisa menggerakkan perekonomian sekaligus menumbuhkan kebanggaan akan produk buatan lokal. Saya sangat mengapresiasi seluruh mitra yang turut berpartisipasi pada program ini,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangannya, Sabtu.

Lewat program “Jumat Beli Lokal” produk- produk dari UMKM yang dilatih lewat Jakpreuneur mendapatkan kesempatan dan sorotan lebih sehingga produk para pelaku UMKM bisa terpasarkan dengan lebih optimal.

Ada banyak kategori yang dihadirkan untuk produk- produk yang dipasarkan lewat “Jumat Beli Lokal” mulai dari produk makanan dan minuman, fesyen dan kerajinan, makanan berat dan produk rumah tangga, serta produk- produk kesehatan.

Baca juga: Kios binaan Jakpreneur dihiasi karya seniman mural

Nantinya setiap minggu produk- produk dengan berbagai kategori itu itu dipasarkan secara bergantian.

“Pemprov DKI Jakarta sebelumnya telah mengadakan pelatihan dan pembinaan untuk para pegiat UMKM Provinsi DKI Jakarta sekaligus peserta Jakpreneur. Semoga program Jumat Beli Lokal ini bisa mempermudah masyarakat di mana pun agar bisa mengakses produk unggulan mereka,” Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah DKI Jakarta Sri Haryati.

Di platform Tokopedia, masyarakat bisa mengakses produk-produk unggulan dari para pegiat UMKM DKI Jakarta ini melalui akun “Jakpreneur Official Store”.

Tokopedia menyebutkan kolaborasi itu merupakan bentuk dukungan bagi para insan UMKM dari DKI Jakarta agar dapat terus bertumbuh dan berkembang meski masih berada di tengah pandemi COVID-19.

“Kolaborasi Pemprov DKI dan Tokopedia ini sejalan dengan komitmen kami untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat menemukan beragam produk UMKM lokal sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional yang saat ini terdampak pandemi. Memakai produk dari toko lokal bisa membawa kita bangkit bersama,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni.

Selama pandemi, Tokopedia aktif berkolaborasi dengan pemerintah guna membantu masyarakat beradaptasi. Contohnya melalui kampanye #JagaEkonomiIndonesia, dukungan terhadap gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, digitalisasi pasar tradisional masih banyak lainnya.

“Lewat berbagai kolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal untuk mengadopsi kanal digital dalam menjalankan usaha, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih #BanggaBuatanIndonesia,” tutup Astri.

Baca juga: DKI bantu pemasaran produk UMKM melalui "Jumat Beli Lokal"

Baca juga: DKI fasilitasi pemasaran produk UMKM melalui program Jumat Beli Lokal

Baca juga: Jakpreneur Jakarta Selatan dilatih "branding" lewat media sosial


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021