Saya sangat menantikan membalap dengan mobil F1 generasi baru
Jakarta (ANTARA) - Juara dunia empat kali Sebastian Vettel dan pebalap Kanada Lance Stroll akan tetap menjadi tandem di Aston Martin pada musim depan, demikian tim Formula 1 itu mengumumkan pada Kamis.

Vettel bergabung ke Aston Martin setelah meninggalkan Ferrari pada akhir musim lalu dan mempersembahkan podium untuk pertama kalinya bagi tim jelmaan Racing Point itu di Azerbaijan.

Sang pebalap Jerman bakal meneruskan petualangannya bersama tim asal Inggris itu sebagai mitra Lance Stroll, putra dari pemilik tim, Lawrence, ketika F1 memperkenalkan regulasi baru tahun depan untuk membuat balapan semakin ketat dan kompetitif.

Baca juga: Bos Aston Martin harapkan Vettel bertahan di timnya

Tim yang menggunakan mesin Mercedes itu sedang membangun pabrik baru di Silverstone dan merekrut staf demi meraih ambisi mereka merebut gelar juara dunia dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

"Saya sangat menantikan membalap dengan mobil F1 generasi baru. Mereka terlihat berbeda dan regulasi teknis yang baru dapat memberikan kami mobil yang bisa membalap lebih ketat dari pada sebelumnya," kata Vettel dikutip laman resmi Aston Martin.

"Perubahan itu sangat besar sehingga setiap tim akan memulai awal yang baru, jadi ini akan menjadi kesempatan yang luar biasa bagi kami di Aston Martin... Saya yakin dengan kekuatan dari tim kami yang sedang tumbuh."

Vettel telah mengantongi 53 kemenangan dari 271 start Grand Prix dalam kariernya. Sementara Stroll tahun depan akan menjalani musim keenamnya di F1.

Baca juga: Aston Martin cabut permohonan banding terhadap diskualifikasi Vettel

"Kami belum mencapai apa target kami tahun ini, tapi itu hanya semakin membuat kami dahaga dan terdorong untuk mencapai kesuksesan musim depan," kata Stroll.

Aston Martin saat ini menghuni peringkat tujuh klasemen konstruktor dengan 59 poin. Mereka finis peringkat empat tahun lalu, kendati mendapat sanksi 15 poin yang bisa menempatkan tim di atas McLaren.

Vettel juga didiskualifikasi dari posisi runner-up GP Hungaria karena menyisakan bahan bakar di bawah jumlah yang ditetapkan oleh regulasi setelah finis.

Dengan konfirmasi bangku Aston Martin telah terisi, maka tinggal Alfa Romeo yang masih memiliki satu tempat untuk menjadi tandem Valtteri Bottas tahun depan, dan tim Haas yang belum juga mengonfirmasi jajaran pebalap mereka untuk 2022.

Baca juga: FIA akan investigasi insiden kecelakaan Verstappen-Hamilton di Monza

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021