Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di sejumlah wilayah untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang, Rabu.

Dilansir melalui lamar www.bmkg.go.id, situasi tersebut diprakirakan melanda wilayah Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sedangkan untuk wilayah di Kalimantan diprakirakan melanda Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Seluruh wilayah Sulawesi diprakirakan berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Kemudian untuk wilayah timur Indonesia diprakirakan melanda Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai kilat/petir dan angin kencang yang terpantau di wilayah Aceh, Bengkulu, Banten, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu prakiraan cuaca cerah dan berawan dilaporkan di berbagai ibu kota di Indonesia di antaranya Denpasar, Banda Aceh, Bengkulu, Jakarta, Jambi, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Jayapura, Pekan Baru, Kendari, Padang dan Palembang.

Namun cuaca hujan berskala ringan dan sedang juga diprakirakan mengguyur beberapa kota, seperti Serang, Gorontalo, Bandung, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Ambon, Mataram, Manokwari, Makasar, Manado dan Medan.

Adapun situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar antara 20 hingga 34 derajat celsius dengan tingkat kelembapan bervariatif antara 55 hingga 100 persen.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021