Tenaga kesehatan penerima vaksin Moderna di Jakarta Barat capai 14.454

Tenaga kesehatan penerima vaksin Moderna di Jakarta Barat capai 14.454

Peserta vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan menjalani penyuntikan dosis vaksin Moderna di RSCM, Jakarta, Jumat (16/7/2021). (ANTARA/HO-Humas Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Jakarta Barat yang telah disuntik vaksin booster Moderna tambah sekitar 3.000 nakes, hingga seluruhnya menjadi 14.454 nakes pada Selasa hari ini.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Kristy Wathini, saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa, mengatakan, sampai hari ini sudah sebanyak 14.454 nakes yang disuntik vaksin Moderna.

"Sebelumnya, hingga 31 Agustus, ada sebanyak  11.943 nakes yang telah disuntik vaksin Moderna. Kemudian, pada 1 September hingga hari ini, ada tembahan sekitar 3.000 nakes yang disuntik vaksin Moderna, sehingga seluruhnya menjadi 14.454 nakes.

Menurut Kristy Wathini, tenaga kesehatan itu mendapatkan fasilitas vaksin dosis ketiga di beberapa rumah sakit dan Puskesmas yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Kristy, para nakes yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19, menerima vaksin booster Moderna sesuai anjuran dari pemerintah pusat guna meningkatkan kekebalatan tubuhnya.

"Tidak hanya untuk nakes, masyarakat umum dengan syarat tertentu juga dibolehkan menerima vaksin Moderna. Sampai saat ini masyarakat umum yang telah menerima suntikan vaksin Moderna ada 2.117 orang," katanya.

Baca juga: Hampir 12.000 nakes di Jakarta Barat sudah vaksin Moderna

Kristy mengimbau, para nakes dan masyarakat umum yang ingin menerima suntikan vaksin Moderna, agar datang ke fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia.

Berdasarkan informasi pada akun Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta @dinkesdki, tercatat ada 35 fasilitas pelayanan kesehatan di Jakarta yang menerima layanan vaksinasi Moderna. 

Persyaratan untuk menerima suntikan vaksin Moderna, yakni harus mendapatkan persetujuan layak mendapatkan vaksin Moderna dari dokter. Setelah itu, peserta bisa mengakses tautan setiap rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk mendaftarkan diri.

Baca juga: DKI mulai berikan vaksin Moderna untuk kelompok autoimun

Di  Jakarta Barat ada  lima rumah sakit dan satu Puskesmas yang melayani warga yang ingin disuntik vaksin Moderna yakni :

1. RS Dharmais.  http://simrspknrskd.com/vaksin/
Buka dari Senin sampai Kamis, pukul 08.00-12.00 WIB. 

2. RSUD Cengkareng. bit.ly/modernarsudc
Buka dari Senin sampai Jumat (kecuali hari libur), pukul  08.00-12.00 WIB.

3. RSUD Taman Sari. https://bit.ly/modernarsts
Buka dari Senin sampai Jumat (kecuali hari libur) terjadwal, pukul 08.00-12.00 WIB.

4. RSUD Kalideres. https://bit.ly/ModernaRSUDKD.
Buka dari Senin sampai Kamis, pukul 08.00-12.00 WIB.

5. RS Pelni. bit.ly/pendaftaranvaksinasimoderna
Buka dari Senin sampai Jumat (kecuali hari libur), pukul 08.00-12.00 WIB.

Baca juga: Kadinkes: Vaksin Moderna untuk umum bagi yang belum menerima vaksin


6. Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan. https://bit.ly/vaksinmodernaGP.
Buka dari Senin sampai Jumat (kecuali hari libur) terjadwal, pukul 08.00-12.00 WIB.
Pewarta : Walda Marison
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021