Kemarin, isu Menkopolhukam hingga perlindungan data strategis

Kemarin, isu Menkopolhukam hingga perlindungan data strategis

Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi salah satu panelis dalam salah satu forum pada konferensi para ketua parlemen dunia kelima (5WCSP), di Austria, Selasa (7/9/2021). ANTARA/HO-DPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (13/9) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Mendagri sebut Papua anggaran terbesar nomor delapan di Indonesia

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebutkan bahwa dana otonomi khusus Papua naik 2,25 persen dari dana alokasi umum nasional dan merupakan daerah dengan anggaran terbesar ke delapan secara nasional.

"Papua anggaran terbesar nomor delapan di seluruh Indonesia dengan jumlah penduduk kurang dari lima juta jiwa," kata Mendagri dalam kunjungan kerja bersama Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu.

Selengkapnya baca disini

2. Mendagri Tito minta kepala daerah luruskan niat mengabdi untuk rakyat

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk meluruskan niatnya dalam mengabdikan diri pada rakyat.

Mendagri Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta Senin, berpesan agar kepala daerah berikut wakilnya rukun serta bersinergi dengan forkopimda lainnya dalam memimpin pemerintahan dan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Selengkapnya baca disini

3. DPR: Hak rakyat jangan hilang karena tak miliki "smartphone"

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan tidak boleh ada hak rakyat yang hilang saat penanganan pandemi COVID-19 hanya karena tidak memiliki ponsel pintar atau "smartphone".

"Kita tahu tidak semua masyarakat Indonesia memiliki telepon pintar sehingga bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Karena itu, pemerintah harus memikirkan mekanisme lain bagi masyarakat yang tidak memiliki ponsel pintar," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

4. Dasco: Tak pernah terlintas untuk jadi Menkopolhukam

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan dirinya tidak pernah terlintas dalam pikiran untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum (Menkopolhukam) seperti yang ramai dibicarakan di masyarakat.

"Perombakan kabinet adalah hak prerogatif Presiden, namun saya tidak terlintas sedikitpun dalam pikiran saya untuk menjadi Menkopolhukam," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

5. Anggota DPR minta pemerintah serius lindungi data strategis

Anggota Komisi I DPR Sukamta meminta keseriusan melindungi data dan situs strategis milik pemerintah.

"Bobolnya data kementerian dan lembaga harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah khususnya BSSN dan Kominfo untuk menjaga dan melindungi dunia siber kita," kata Sukamta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini
Pewarta : Fauzi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021