Kaltim raih peringkat II nasional nilai ekspor komoditas pertanian

Kaltim raih peringkat II nasional nilai ekspor komoditas pertanian

Kepala Dinas Kominfo Kaltim, dan Gubernur Kaltim Isran Noor (tengah) Menteri pertanian dan Kepala Dinas PTPH Kaltim di halaman istana wapres. ANTARA/Humas Kominfo Kaltim.

Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan peringkat II nasional sebagai daerah tertinggi dalam nilai ekspor komoditas pertanian periode Januari 2020 hingga Juni 2021.

Penghargaan diterima langsung Gubernur Kaltim, Isran Noor yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, H.Ma’ruf Amin di Istana Wapres, kata Kepala Diskominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Senin.

Kadiskominfo Kaltim Muhammad Faisal mengaku hadir dalam acara tersebut mendampingi Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikura (PTPH) Kaltim, Siti Farisyah Yana.

Faisal mengatakan Gubernur Kaltim Isran Noor tampak senang menerima penghargaan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

"Penyerahan penghargaan di Istana Wapres tersebut dengan kapasitas terbatas dan sesuai protokol kesehatan," jelas Faisal.

Faisal mengatakan penyerahan penghargaan dalam rangkaian Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang diberikan untuk tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota.

Dia menjelaskan ada dua kategori penghargaan yang diberikan yaitu pertama kategori daerah dengan peningkatan produksi padi tertinggi selama tahun 2019-2020 dan kedua kategori daerah dengan nilai ekspor komoditas pertanian tertinggi.

“Penghargaan kategori daerah dengan nilai ekspor komoditas pertanian tertinggi peringkat pertama diraih Provinsi Jawa Tengah, kemudian disusul Kalimantan Timur peringkat kedua, dan seterusnya Jambi, Kalimantan Barat serta Sulawesi Utara,” kata Faisal.

Untuk penghargaan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020 terpilih Provinsi Lampung, Jawa Timur, Banten, Sumatera Selatan, Jambi, Kabupaten Cilacap, Brebes, Ngawi, Ogan Komering Ulu Timur, dan Gresik.

Gubernur Isran Noor menerima penghargaan bersama Gubernur Jawa Tengah, Jambi, Kalbar, Sulawesi Utara, kemudian Kabupaten Kota Baru, Deli Serdang, Semarang dan Bintan.
Baca juga: Jawa Tengah jadi provinsi dengan nilai ekspor pertanian tertinggi
Baca juga: Ekspor pertanian Indonesia ke China naik signifikan
Baca juga: Mentan beri semangat eksportir muda untuk pacu ekspor pertanian
Pewarta : Arumanto
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021