Meskipun baru berusia 14 tahun, ia akan turun di lima nomor pertandingan...
Yogyakarta (ANTARA) - Atlet sepatu roda DIY yang berasal dari Kota Yogyakarta Aurellia Nariswari Putri Sigit optimistis mampu menyumbang setidaknya satu medali emas dalam PON Papua.

“Target untuk meraih medali pasti ada dan saya optimistis bisa,” kata Aurellia saat berpamitan dengan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Senin.

Meskipun baru berusia 14 tahun, ia akan turun di lima nomor pertandingan, di antaranya 15 kilometer, 10 kilometer point to point, marathon, relay, dan juga team time trial.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh atlet yang saat ini masih tercatat sebagai siswi kelas 9 SMP Negeri 9 Yogyakarta itu, di antaranya meningkatkan intensitas latihan termasuk latihan fisik.

“Latihan dilakukan di dua lokasi yaitu di Stadion Mandala Krida dan Stadion Sultan Agung Bantul,” katanya yang sudah melakukan persiapan untuk tampil di PON sejak dua tahun lalu.

Latihan secara intensif mulai ditingkatkan sejak enam bulan lalu termasuk untuk mempersiapkan diri terhadap kondisi cuaca di Papua yang diperkirakan lebih panas.

“Latihan dilakukan pada siang hari supaya lebih mudah beradaptasi dengan cuaca di lokasi pertandingan,” katanya yang menjadi kontingen PON termuda di DIY.

Atlet sepatu roda DIY direncakan berangkat ke Papua pada pekan depan dan akan melakoni pertandingan sebelum pembukaan PON.

Sebelumnya, KONI DIY menargetkan meraih satu medali emas dari cabang sepatu roda.

Sejumlah tim yang diperkirakan akan menjadi pesaing berat adalah dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan dari tuan rumah Papua.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta agar seluruh atlet dapat menjaga fokus pertandingan sehingga mampu mengeluarkan kemampuan terbaik untuk mempersembahkan prestasi di ajang pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

“Beradaptasi dengan lokasi pertandingan secara cepat juga perlu dilakukan. Yang penting fokus pada pertandingan saja dan selalu menjaga semangat serta kesehatan,” katanya.

Baca juga: DIY lepas kontingen PON bertepatan dengan Haornas
Baca juga: DIY kirim 61 wasit dan juri ke PON Papua
Baca juga: DIY targetkan 11 medali emas PON Papua

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021