Bukan hanya menang tapi meraih finis 1-2, ini gila. Berada di podium itu sangat luar biasa bagi McLaren
Jakarta (ANTARA) - Daniel Ricciardo menjuarai Grand Prix Italia sedangkan Lando Norris membantu McLaren finis 1-2 di Sirkuit Monza, Minggu, setelah Max Verstappen dan Lewis Hamilton bertabrakan dan tersingkir lebih dini.

Kemenangan itu menjadi yang pertama bagi McLaren sejak 2012 dan bagi sang pebalap Italia sejak ia membela tim Red Bull pada 2018. Pebalap Australia itu, kini berstatus juara delapan Grand Prix, start dari baris terdepan dan mengambil alih pimpinan lomba dari Verstappen sejak start.

Meski start paling belakang karena melakukan pergantian komponen mobil, Valtteri Bottas membawa dirinya melengkapi podium untuk Mercedes setelah memenangi sprint race hari sebelumnya.

Baca juga: Verstappen, Hamilton bertabrakan dan tersingkir dari GP Italia

"Sudah waktunya," kata Ricciardo dikutip Reuters.

"Memimpin sejak start hingga finis, saya rasa tidak ada yang mengira itu.

"Bukan hanya menang tapi meraih finis 1-2, ini gila. Berada di podium itu sangat luar biasa bagi McLaren."

Tak hanya tampil dominan demi 25 poin, Ricciardo juga mendapat satu poin tambahan untuk lap tercepat di putaran terakhir hari itu.

Sementara itu dua rival Lewis Hamilton dan Max Verstappen bertabrakan dan tersingkir.

Juara dunia tujuh kali dari tim Mercedes melakukan pitstop dan kembali ke trek di samping sang pemuncak klasemen sementara, sebelum keduanya bertabrakan di chicane sehingga mobil Red Bull Verstappen berada di atas mobil Hamilton di gravel.

Kedua pebalap keluar dari mobilnya dan safety car dikeluarkan.

Baca juga: Bottas dominan juarai sprint race di Monza, Verstappen perlebar jarak
Baca juga: Bottas rebut pole sprint race Grand Prix Italia  


"Itu yang terjadi ketika Anda tidak memberi ruang," kata Verstappen lewat radio tim seperti dikutip Reuters.

Verstappen tiba di Grand Prix Italia dengan keunggulan lima poin atas Hamilton setelah finis runner-up di sprint race kedua musim ini di Monza pada Sabtu. Posisi kedua pebalap pada klasemen tak berubah menyusul tabrakan hari ini.

Sang pebalap Belanda melaju di posisi kedua saat Grand Prix dan kehilangan 11 detik setelah pitstop yang lambat sehingga posisinya melorot ke P10 sementara Hamilton menyalip Norris untuk mengambil alih pimpinan lomba ketika Ricciardo masuk ke pit.

Hamilton masuk pit tiga lap setelah Verstappen dan kemudian terlibat persaingan ketat ketika kembali ke trek dan melaju di samping sang rival sebelum keduanya terlibat kontak sehingga mobil Red Bull Verstappen terangkat ke udara.

Pelindung halo di mobil bernomor 44 itu melindungi kepala Hamilton ketika mobil Verstappen terangkat ke atasnya.

Duet Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz finis P4 dan P6 mengapit pebalap Red Bull Sergio Perez.

Lance Stroll finis P7 untuk Aston Martin, ketika duet Alpine Fernando Alonso dan Esteban Ocon di P8 dan P10, saat George Russell kembali mempersembahkan poin untuk Williams di P9.

Baca juga: Bottas rebut pole sprint race Grand Prix Italia
Baca juga: Hamilton 0,5 detik lebih cepat dari Verstappen di FP1 GP Italia

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021