Jakarta (ANTARA) - Musisi legendaris Iwan Fals hingga Atlet Angkat Besi Eko Yuli Irawan hadir memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) yang dihelat di Auditorium Abdurahman Saleh RRI, Jakarta, Sabtu.

Iwan Fals tampil membawakan dua lagu, masing-masing berjudul "Bangunlah Putra Putri Pertiwi" dan "Belum Ada Judul".

"Saya terima kasih sama RRI karena tahun 80 lagu barusan ini (Bangunlah Putra Putri Pertiwi) diputar di RRI. Jadi tanpa RRI rasanya tidak mungkin hari ini saya berdiri di RRI saat ini," kata Iwan disela-sela penampilannya.

Selain Iwan Fals, harpist Angela July dan musisi muda  Bulan Sutena juga tampil menyemarakkan acara peringatan yang berlangsung selama dua jam tersebut.

Angela membawakan dua lagu, satu di antaranya berjudul "Melati Suci" karya maestro Guruh Soekarno Putra.

Sedangkan Bulan menyanyikan dua lagu masing-masing berjudul "Terpesona" yang dipopulerkan oleh grup New Nazareth dan "Kugadaikan Cintaku" karya musisi Gombloh.

Baca juga: "Pun Aku", album baru berisi catatan personal Iwan Fals

Selain musisi, peringatan HUT Ke-76 RRI turut menghadirkan atlet angkat besi peraih medali perak Olimpiade Tokyo Eko Yuli Irawan. Mengenakan pakaian adat Lampung, lifter 32 tahun itu didapuk membawa api obor Tri Prasetya.

"Alhamdulillah bisa ikut berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun RRI ini," kata Eko saat berbincang dengan Antara.

Pria yang mengaku pendengar setia radio berslogan "sekali di udara tetap di udara" itu berharap RRI dapat lebih baik lagi dalam menyiarkan pemberitaan, khususnya berita-berita olahraga.

"RRI yang pasti informatif untuk memberitakan berita-berita olahraga itu sangat maksimal dan mudah-mudahan ke depan selalu berkembang lagi untuk lebih baik pastinya," ucap pria peraih empat medali olimpiade itu.

Peringatan HUT Ke-76 RRI mengangkat tema Tangguh, Tumbuh Sehat dan Kuat, Suarakan Indonesia. Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama LPP RRI Hari Sudaryanto meminta para angkasawan dan angkasawati terus memberikan karya terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

"Semangat ini harus terefleksikan dalam pelayanan informasi dan hiburan yang sehat kepada masyarakat serta mampu berperan sebagai media literasi yang mengedukasi masyarakat," ujar Hari.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat, dan Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (TVRI) Imam Brotoseno.

Baca juga: Penyulutan Obor Tri Prasetya tandai peringatan HUT Ke-76 RRI

Baca juga: Dukung musisi lokal, RRI Surabaya rilis album kompilasi

Baca juga: RRI hadapi era digital lewat aplikasi hingga kecerdasan buatan

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021