Waduk Halim untuk kurangi banjir di Jakarta Timur

Waduk Halim untuk kurangi banjir di Jakarta Timur

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat meninjau lokasi pembangunan Waduk Halim di RW 03 Cipinang Melayu, Jakarta, Jumat (10/9/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar
mengatakan, pembangunan Waduk Halim di RW 03 Halim Perdanakusuma, Cipinang Melayu, Makasar, untuk mengurangi banjir di wilayah tersebut.

Muhammad Anwar saat meninjau lokasi pembangunan waduk mengatakan wilayah aliran saluran penghubung (Phb) Sulaeman selalu mengalami banjir karena debit air yang tidak terkontrol.

"Tentunya waduk ini sangat bermanfaat kalau sudah Kita buat, untuk mengatur debit air yang mengalir ke Phb Sulaeman dan Cipinang," kata Muhammad Anwar di Jakarta, Jumat.

Anwar menambahkan, rencana pembangunan waduk seluas total dua hektar itu juga diharapkan dapat menormalisasi fungsi saluran air di wilayah RW 03 Cipinang Melayu.  

"Paling tidak bisa menangani banjir di Phb Sulaeman dan RW 03 selama ini kalau hujan sedikit saja mereka kebanjiran," ujar Anwar.

Sementara itu, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto mengatakan  pembangunan Waduk Halim itu merupakan kolaborasi antara Lanud Halim Perdanakusuma dan Pemkot Jakarta Timur.

"Kami menyambut baik pembangunan waduk, memang ini wilayah Halim, tetapi ini berdampak pada wilayah sekitarnya," kata Bambang.
Baca juga: Pemkot Jaktim keruk waduk dan saluran air untuk cegah banjir
Baca juga: Hadapi cuaca ekstrem, Jaktim intensifkan naturalisasi waduk
Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021