Jakarta (ANTARA) - Berikut ini statistik Grand Prix Italia di Monza, seri ke-14 di kalender Formula 1 seperti dilansir Reuters:

Jarak lap: 5,793km
Jarak total balapan: 306,72km (53 lap)
Pole position 2020: Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes, satu menit 18,887 detik
Juara 2020: Pierre Gasly (Prancis) AlphaTauri
Rekor lap balapan: Rubens Barrichello (Brazil) Ferrari, satu menit 21,046 detik (2004)

Baca juga: Verstappen-Hamilton bakal beradu sprint lagi di Monza

Italia
Balapan akhir pekan nanti akan menjadi kali kelima yang digelar di Italia dalam rentang satu tahun terakhir, ketika Mugello dan Imola menjadi tuan rumah sejumlah Grand Prix di kalender 2020 yang terganggu pandemi. Imola juga kembali menggelar balapan tahun ini.

Hamilton telah menang lima kali di Monza, rekor yang juga dipegang oleh Michael Schumacher.

Sang pebalap Inggris tercatat tujuh kali start dari pole di Monza, termasuk lima dari tujuh balapan terakhir di sana.

Mercedes telah menang lima dari tujuh kunjungan di Monza, namun bukan di dua balapan terakhir di sana.

Grand Prix Italia dan Inggris paling rutin masuk kalender di setiap tahunnya sejak kejuaraan dunia F1 dimulai pada 1950.

GP Italia setiap tahun digelar di Monza, kecuali pada 1980 ketika arena dipindah ke Imola.

Ketika merebut pole 2020 di Monza, Hamilton mencatatkan kecepatan rata-rata 264,362kpj, tercepat dalam sejarah Formula 1.

Balapan di sana dimenangi dari pole 11 kali dalam 16 tahun terakhir.

Ferrari telah menang 19 kali di Monza sejak kejuaraan dunia F1 dimulai, paling banyak dari tim-tim lain.

Baca juga: Fakta singkat George Russell, calon tandem Hamilton di Mercedes

Jumlah Kemenangan
Hamilton memegang rekor 99 kemenangan dalam karier, 78 di antaranya diraih dengan Mercedes, dari 279 start. Dia telah naik podium 175 kali.

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen telah menang tujuh kali musim ini, sedangkan Hamilton baru empat. Pebalap Red Bull Sergio Perez dan pebalap Alpine Esteban Ocon masing-masing mengantongi satu kemenangan musim ini.

Ferrari telah menang 238 balapan sejak 1950, McLaren 182, Mercedes 119, Williams 114, dan Red Bull 72. Tim mantan juara dunia McLaren dan Williams belum pernah menang balapan lagi sejak 2012.

Pole position
Hamilton memiliki 101 pole position dalam kariernya dan telah menang 59 kali dari posisi start terdepan. Tahun ini sang pebalap Inggris mengamankan tiga pole position.

Verstappen telah tujuh kali start dari pole tahun ini, sedangkan Charles Leclerc tercepat di kualifikasi GP Azebaijan dan Monako mengendarai Ferrari, sementara Bottas start terdepan di Portugal.

Baca juga: Mercedes resmi tandemkan George Russell dan Lewis Hamilton musim 2022

Kejuaraan
Verstappen sekarang unggul tiga poin dari Hamilton di klasemen pebalap. Sedangkan Red Bull tertinggal 12 poin dari Mercedes dalam perebutan titel konstruktor.

Hamilton memiliki peluang menjadi pebalap F1 pertama yang mencapai 100 kemenangan Grand Prix.

Verstappen saat ini memegang rekor yang sebelumnya dipegang oleh pebalap Inggris Stirling Moss dengan jumlah kemenangan terbanyak (17) tanpa memenangi gelar kejuaran.

Sang pebalap 23 tahun pekan lalu menjadi pebalap Belanda pertama yang menang di kampung halamannya. Dia juga tercatat memimpin 1.000 lap dalam balapan, berada dalam peringkat ke-19 pebalap yang mencapai itu.

George Russell telah 50 kali start untuk Williams. Dia selalu mengalahkan rekan satu timnya di setiap kualifikasi yang ia jalani.

Baca juga: Bottas hengkang dari Mercedes, bergabung ke Alfa Romeo musim depan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021