Wali Kota Mataram: Waspadai varian COVID-19 jenis Mu

Wali Kota Mataram: Waspadai varian COVID-19 jenis Mu

Wali Kota Mataram, Provinsi NTB H Mohan Roliskana. (FOTO ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengingatkan masyarakat di Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu agar waspada terhadap varian baru COVID-19 yakni Mu, karena informasinya varian Mu masuk daftar varian yang kebal terhadap vaksin.

"Jadi, kita harus tetap waspada. Meskipun varian Mu tersebut belum masuk ke Indonesia tetapi varian ini sudah menjadi atensi pemerintah untuk dilakukan langkah antisipasi," katanya kepada wartawan di Mataram, Kamis.

Terkait dengan itu, lanjutnya, masyarakat harus tetap mengikuti skenario pencegahan penyebaran COVID-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) melalui gerakan 5M yakni memankai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Selain itu 70 persen target vaksinasi COVID-19 juga harus kita pastikan tercapai, sehingga terbentuk 'herd immunity' atau kekebalan kelompok yang bisa menangkal berbagai virus," kata Mohan Roliskana .

Sementara itu terkait tentang cakupan vaksinasi di Kota Mataram, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa sebelumnya menyampaikan hingga Rabu (8/9) 2021, telah mencapai 65,80 persen, dari target 70 persen.

"Sejauh ini pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk semua kalangan di Mataram hampir tidak ada kendala," katanya.

Ia menjelaskan untuk fasilitas layanan vaksinasi di Mataram sudah mencukupi, termasuk sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini tenaga kesehatan juga sangat siap.

Bahkan masyarakat, sejauh ini animo dan kesadaran untuk vaksin COVID-19 sudah cukup baik.

"Jadi selama dosis vaksin tersedia, kita bisa memberikan layanan vaksinasi secara maksimal. Karena itu kita harapkan stok vaksin ini bisa tetap tersedia," demikian  I Nyoman Swandiasa.

Baca juga: Terkhusus kepada Menhub, Presiden : Waspadai COVID-19 varian Mu

Baca juga: Wapres: Perketat pintu masuk RI cegah varian Mu

Baca juga: Luhut minta semua pihak kompak disiplin hindari gelombang ketiga


Baca juga: Pengawasan pintu masuk Indonesia ditingkatkan cegah COVID-19 varian Mu
Pewarta : Nirkomala
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021