Ford rekrut eksekutif Apple Car untuk kembangkan kendaraan otonom

Ford rekrut eksekutif Apple Car untuk kembangkan kendaraan otonom

Logo Ford. ANTARA/REUTERS/Francois Lenoir/aa. (ANTARA/REUTERS/Francois Lenoir)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif Ford pada Selasa (7/9) waktu setempat mengumumkan perekrutan mantan kepala proyek mobil Apple, Doug Field, untuk mengembangkan rencana pertumbuhan kendaraan otonom.

Doug Field akan menjabat sebagai chief advanced technology and embedded system officer. Field akan memimpin pengembangan platform berbasis cloud Ford untuk kendaraan terhubung generasi berikutnya dan melapor langsung ke kepala eksekutif Jim Farley.

“Bakat dan komitmen Field terhadap inovasi yang meningkatkan kepuasan pelanggan akan sangat berharga saat kami membangun rencana Ford+ untuk menghadirkan produk yang luar biasa, hubungan pelanggan yang selalu aktif, dan pengalaman pengguna yang terus meningkat,” kata Farley dikutip siaran resmi Ford, Rabu.

Field, yang pernah bekerja di Ford sebagai insinyur pengembangan dari 1987 hingga 1993, mengatakan bahwa dia “merasakan hubungan yang mendalam” dengan perusahaan dan mobil produksi Ford telah ada dalam “hidupnya selama yang ia ingat”.

“Mobil F-150 ada di peternakan ayah saya, Continental '65 menjemput kami di pernikahan saya, dan kegembiraan saya ketika saya menemukan keanggunan brilian dalam desain Model T,” kata Field.

“Saya berterima kasih atas kesempatan untuk membantu dan mempersiapkan Ford untuk seratus tahun ke depan,” lanjutnya.

Field bergabung dengan Apple pada 2018 dan memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan Titan, proyek mobil Apple yang dimulai pada 2014. Kepergiannya dari Apple disebut sebagai langkah kemunduran bagi Titan yang telah mengalami banyak perubahan dalam strategi dan personel.

“Ini merupakan pukulan bagi ambisi Apple di bidang otomotif,” kata analis Wedbush Dan Ives, dikutip dari laporan Financial Times, Rabu. “Bagi Ford, ini adalah kudeta.”

Namun, Field menolak berkomentar apakah kepergiannya menandakan akhir dari ambisi otomotif pembuat iPhone.

Dua sumber anonim mengatakan kepada Financial Times bahwa orang-orang di Apple yang mengerjakan proyek tersebut diberi pengarahan tentang kepindahannya tak lama setelah pengumuman Ford.

“Kami berterima kasih atas kontribusi yang telah diberikan Doug kepada Apple dan kami berharap yang terbaik untuknya,” kata Apple.

Proyek mobil Apple telah berusaha untuk mengikuti strategi Tesla dalam membangun kendaraan listrik dengan kemampuan otonom.

Proyek ini secara terbuka menguji perangkat keras dan perangkat lunak self-driving di jalanan California, tetapi belum terungkap seperti apa tampilan desain mobil tersebut.

Meski sangat sedikit rincian tentang proyek tersebut, beberapa analis antusias tentang potensi Apple di pasar yang semakin kompetitif.

Baca juga: Ada Ford Mustang Ice White bagi penyuka warna putih

Baca juga: Ford tunda pembukaan kantor untuk karyawan, pertimbangkan wajib vaksin

Baca juga: Serangan balik Ford dalam perselisihan "Cruise" dengan GM
Pewarta : Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021