Gubernur Sumsel serahkan bantuan alat pertanian ke petani di OKU Timur

Gubernur Sumsel serahkan bantuan alat pertanian ke petani di OKU Timur

Gubernur Sumsel Herman Deru menyerahkan bantuan alat pertanian kepada petani di OKU Timur, Selasa. ANTARA/Edo Purmana.

Martapura (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada petani di Desa Sabahlioh, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur untuk mewujudkan program food estate agar dapat terlaksana dengan baik.

"Bantuan alat pertanian, benih jagung dan bibit padi ini adalah bentuk fasilitasi pemerintah dalam upaya melaksanakan Program Strategis Nasional (Food Estate) di OKU Timur," kata Herman Deru di Martapura, Kabupaten OKU Timur, Selasa.

Jenis bantuan yang dibagikan yaitu berupa mesin alat pertanian traktor roda empat, traktor roda dua, pompa air 3 inch, kultivator, benih padi dan jagung serta POC.

Selain memberikan bantuan alat pertanian, benih padi dan jagung, dalam kesempatan itu HD juga sekaligus mencanangkan program Penanaman Padi IP 300 di Seluruh Sumsel yang dimulai dari Kabupaten OKU Timur.

“Diharapkan dengan pencanangan dan pemberian bantuan ini dapat menjadi penyemangat masyarakat untuk mencapai prestasi di bidang pertanian dan perkebunan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah mengucapkan terima kasih atas bantuan alat mesin pertanian yang dibagikan kepada petani di OKU Timur.

Untuk food estate, kata Bupati, Kabupaten OKU Timur mendapatkan kuota 15.000 hektare yang tersebar di beberapa kecamatan di kabupaten setempat.

Selain food estate, dalam laporannya Bupati juga mengatakan saat ini OKU Timur termasuk kabupaten binaan dalam bidang perikanan, dimana ada beberapa desa yang ditunjuk sebagai Kampung Patin.

"Dengan prestasi ini diharapkan nantinya Kabupaten OKU Timur menjadi daerah penyangga kebutuhan ikan di Indonesia," ujarnya.
Baca juga: Anggota DPR RI gandeng BPPT salurkan bantuan alat pertanian
Baca juga: Balitbangtan siapkan prototipe bagi industri alat mesin pertanian

 

Pewarta : Edo Purmana
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021