Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persebaya Aji Santoso memastikan bahwa kapten timnya untuk musim 2021-2022 adalah pemain berusia 22 tahun, Rachmat Irianto.

Dalam jumpa pers virtual yang diikuti di Jakarta, Jumat, Aji menyebut bahwa, meski umurnya masih muda, Rachmat memiliki semua hal yang diperlukan untuk menjadi pemimpin tim.

"Tidak ada masalah dengan umur. Yang penting adalah dia bisa menjadi contoh bagi pemain lain, baik di dalam maupun luar lapangan. Tentu mesti punya kemampuan memimpin dan sepak bola yang baik," ujar Aji.

Juru taktik asal Malang itu menyebut bahwa Rian, sapaan Rachmat Irianto, akan dibantu kapten cadangan, tetapi dia tak menyebutkan siapa saja sosok tersebut.

Baca juga: Persebaya target tiga poin hadapi Borneo FC di laga perdana

Menjadi kapten Persebaya akan menjadi pengalaman pertama bagi Rachmat. Pada tahun 2020, dia bersama Hansamu Yama sempat menjadi kapten cadangan di bawah kapten pertama Makan Konate.

Rian sendiri siap memikul tanggung jawab sebagai kapten. Pemain yang bisa mengisi posisi bek tengah dan gelandang bertahan ini pun bertekad membantu Persebaya menang atas Borneo FC dalam laga perdana mereka di Liga 1 2021-2022, Sabtu (4/9).

Selain posisi barunya, hal lain yang memotivasi pemain tim nasional Indonesia itu untuk meraup tiga poin adalah kelahiran anak pertama dan ulang tahunnya.

Putra Rachmat Irianto lahir pada 8 Agustus 2021 dan hari ulang tahunnya ke-22 jatuh pada 3 September 2021 atau sehari sebelum laga versus Borneo FC.

Baca juga: Persebaya bertekad menang atas Borneo meski timpang

"Saya sudah punya anak dan hari ini bertambah usia. Mudah-mudahan besok saya mendapatkan kado tiga poin," tutur anak dari asisten pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro itu.

Pertandingan Borneo FC versus Persebaya akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Sabtu (4/9), mulai pukul 18.15 WIB.

Sejak tahun 2018, kedua tim sudah empat kali bersua dan masing-masing dari mereka mencatatkan satu kemenangan.

Terakhir kali Borneo dan Persebaya bersua adalah di Liga 1 Indonesia 2019. Saat itu, Persebaya menang 2-1 pada pertemuan pertama dan laga kedua berakhir imbang 0-0.

Baca juga: Borneo FC tetap waspadai Persebaya yang tanpa pemain asing

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021