Mojokerto (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) level desa melalui pemberdayaan BUMDesa.

Mendes menyebut BUMDesa menjadi salah satu ujung tombak paling penting dan untuk merealisasikan hal tersebut, salah satunya dengan Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina.

"Pada masa pandemi COVID-19, perdagangan dan perekonomian terpuruk. Ini tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Nah, kita berusaha bangkit dengan PEN. Paling cepat, kita bisa lakukan itu melalui desa. Salah satu ujung tombak pemulihan PEN level desa adalah BUMDes," katanya di sela meninjau langsung lokasi usaha Pertashop BUMDes "Berkah Asri" Desa Padangsari, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Jatim, Jumat.

Ia mengatakan, bahwa kedatangannya kali ini merupakan usaha untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) level desa.

"Itu bisa kita implementasikan salah satunya melalui Pertashop ini. Jadi, Kami mau uji petik, dan melakukan percepatannya," kata Mendes.

Kades Padangsari Kecamatan Jatirejo, Bahaudin mengaku sejauh ini ada beberapa kendala yang masih terjadi pada pengelolaan Pertashop BUMDesa Padangsari. Beberapa di antaranya adalah pengiriman logistik BBM yang kadang telat, serta keinginan untuk memiliki alat modular secara mandiri yang bernilai sekitar Rp250 juta.

"Kendala saat ini adalah pengiriman yang terkadang ada telatnya. Kami pesan sekitar 1.000 liter, dan itu juga harus inden. Modular Pertashop ini kapasitasnya bisa menampung sekitar 3.000 liter. Kami ingin juga suatu saat nanti bisa mandiri untuk modular itu, agar laba kami juga bisa full. Harganya modularnya sekitar Rp250 juta. Harapannya agar ini bisa diberikan solusi," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muhammad Albarraa, meyakini BUMDesa ini akan membawa kemanfaatan berlanjut bagi warga masyarakat jika mampu dikelola dengan baik.

"BUMDes ini kan padat karya, tenaganya juga menyerap dari masyarakat desa. Jika berjalan baik, Insy Allah akan meningkatkan kesejahteraan warga. Untuk Pertashop, Kemendesa dan Pertamina sudah ada komitmen memperbaiki MoU, supaya nanti tidak merugikan masyarakat. Laba yang diterima BUMDesa juga bisa full nantinya," ujarnya.

Baca juga: Mendes PDTT harap kerja sama BUMDes-BUMN tidak ada pihak ketiga

Baca juga: Mendes harapkan akhir 2021 dapat wujudkan nol kemiskinan ekstrem

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021