Banjarmasin (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan potensi wisata sungai yang ada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Hal ini disampaikan Sandiaga saat berolahraga pagi tadi di siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean Banjarmasin, Kamis didampingi Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakilnya H Arifin Noor.

Sandiaga mengatakan, Banjarmasin yang dijuluki "Kota Seribu Sungai" memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata sungai dengan konsep waterfront seperti di Istanbul, Turki dan Bangkok, Thailand.

"Banjarmasin ini adalah Kota Seribu Sungai. Jadi sungai ini harus kita gunakan sebagai beranda kita," kata Sandiaga.

Baca juga: DPRD Jabar: Sungai Kalimalang bisa jadi destinasi wisata

Dalam upaya pengembangan potensi wisata sungai di Banjarmasin, lanjut Sandiaga, pihaknya memberikan dukungan terhadap program Martapura Bungas. Program yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan ini merupakan program revitalisasi dan meningkatkan kualitas air sungai dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021.

"Ini kita dukung, karena tidak terlalu banyak kota di Indonesia yang mempromosikan sungai sebagai daya tarik utamanya. Jadi untuk wisata sungai ini yang akan kita kedepankan," katanya.

Sandiaga menuturkan, dari segi atraksi, Banjarmasin memiliki pasar terapung yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberi salam kepada sejumlah pedagang di perahu saat kunjungi siring sungai Martapura di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (2/9/2021). ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa.


Baca juga: Wisata susur sungai Banjarmasin dibuka dengan protokol kesehatan ketat

Sehingga, dia pun akan mendorong pola perjalanan menggunakan perahu di sepanjang Sungai Martapura dan Sungai Barito yang melintasi Banjarmasin.

"Saya nanti mendorong travel pattern di Banjarmasin menggunakan perahu-perahu. Agar memberikan kenangan dan pengalaman yang membekas bagi wisatawan karena itulah pariwisata masa depan," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengimbau agar masyarakat Banjarmasin tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin serta melakukan vaksinasi di sentra-sentra vaksinasi yang sudah ada.

"Kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif ini harus sejalan dengan pemulihan kesehatan karena yang utama adalah kita tekan penularan COVID-19 dan peningkatan vaksinasi," ujarnya.

Dalam kegiatan ini Sandiaga didampingi oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina; Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ariffin Noor; Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Sufian HK; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Syariffudin; serta Kepala Dinas Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana.

Selain berolahraga, Menparekraf Sandiaga juga menyempatkan diri bercengkrama dengan para pedagang Pasar Terapung, berkunjung ke kampung wisata Konoko dan mengunjungi Pusat Riset Bekantan menggunakan perahu cepat.
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021