Adapun PMN untuk tahun depan tersebut ditujukan untuk melanjutkan program Sejuta Rumah dan memperbaiki struktur permodalan perusahaan
Jakarta (ANTARA) - BUMN Perum Perumnas mengungkapkan penyertaan modal negara (PMN) untuk Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp1,56 triliun ditujukan guna melanjutkan program Sejuta Rumah.

Direktur Utama Perum Perumnas  Budi Saddewa Soediro mengatakan pihaknya telah mengajukan PMN TA 2022 saat itu sebesar Rp2 triliun, dan setelah melalui diskusi dengan pemangku kepentingan saat ini sedang diproses untuk pengajuan persetujuan senilai Rp1,56 triliun.

"Adapun PMN untuk tahun depan tersebut ditujukan untuk melanjutkan program Sejuta Rumah dan memperbaiki struktur permodalan perusahaan," ujar Budi dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis.

Dana PMN 2022 senilai Rp1,56 triliun itu akan dimanfaatkan oleh Perumnas untuk penyelesaian persediaan hunian.

"Dana PMN senilai Rp1,56 triliun akan kami manfaatkan untuk penyelesaian persediaan hunian baik rumah tapak maupun rumah susun. Total unit yang kami selesaikan dengan dana PMN tersebut sebanyak 14.937 unit," kata Budi.

Budi juga melaporkan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan restrukturisasi utang bank pada 2021, sedangkan restrukturisasi Medium Term Note (MTN) atau surat utang jangka menengah sedang berlangsung.

Pada 2020, Perumnas telah menerima pencairan dana PEN tahap pertama sebesar Rp200 miliar yang telah digunakan. Sedangkan pada 2021, Perumnas telah menerima pencairan dana PEN tahap kedua sebesar Rp450 miliar yang diperuntukkan untuk pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB dan modal kerja 2021.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengusulkan anggaran penyertaan modal negara (PMN) pada 2022 untuk 12 BUMN senilai total Rp72,44 triliun kepada DPR.

Salah satunya bagi Perumnas sebesar Rp2 triliun terkait dengan penugasan bagi program perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jakarta dan Medan.

Baca juga: BP Tapera bersama BTN dan Perumnas kolaborasi permudah miliki rumah

Baca juga: BNI gelar akad KPR massal bersama Perumnas

Baca juga: Kemenkeu beri pinjaman ke Perumnas untuk penyediaan satu juta rumah

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021