Kapolda Kalsel: Polwan kini duduki posisi strategis

Kapolda Kalsel: Polwan kini duduki posisi strategis

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto saat syukuran HUT Ke-73 Polwan. ANTARA/Firman.

Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto menyatakan para Polisi Wanita (Polwan) kini memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki posisi strategis di Polri hingga menorehkan banyak prestasi.

"Di usianya 73 tahun, Polwan telah menunjukkan eksistensinya dalam dinas di Kepolisian. Posisi strategis hingga berpangkat perwira tinggi jadi buktinya," kata dia di Banjarmasin saat syukuran HUT Ke-73 Polwan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel, Rabu.

Rikwanto pun menyebut sejumlah Polwan dengan karir dan prestasi cemerlang, di antaranya Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan sebagai perempuan pertama menjadi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI).

Kemudian Brigjen Pol (Purn) Rumiah Kartoredjo, Polwan pertama yang pernah menjabat sebagai Kapolda di Indonesia, yaitu Kapolda Banten.

Baca juga: Kapolri anugerahkan pin emas dan perak untuk 24 polwan berprestasi

"Sedangkan jabatan Kapolres juga banyak dan sejumlah posisi strategis lainnya. Pimpinan Polri memberikan peluang Polwan untuk memimpin, tentunya berdasarkan rekam jejak bagus dan berprestasi," tutur jenderal bintang dua itu.

Untuk itulah, dia mengatakan polwan tak bisa dipisahkan dari institusi Polri, di mana Polwan sangatlah dibutuhkan untuk tugas kepolisian di tengah masyarakat.

"Mudah-mudahan ke depan Polwan semakin baik dan berintegritas serta bertambah banyak jumlahnya," tandasnya.

Sementara Pakor Polwan Polda Kalsel AKBP Siti Zubaidah menyatakan kiprah para srikandi Polri telah berhasil menjaga kamtibmas yang kondusif.

Baca juga: Briptu Sheren Septiana, Polwan berprestasi internasional

Kemudian torehan prestasi juga banyak tercipta mulai penugasan bidang opsnal maupun pembinaan. Bahkan beberapa polwan di Polda Kalsel telah menembus penugasan di luar negeri bergabung dalam pasukan misi perdamaian dunia.

"Polwan Polda Kalsel ada juga yang mengikuti pendidikan di luar negeri hingga sejumlah konferensi internasional," ungkapnya di dampingi Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kalsel Kompol Dese Yulianti.

Sementara ketua pelaksana HUT Ke-73 Polwan Kompol Winda Adhiningrum mengatakan ada 638 personel polwan tersebar di jajaran Polda Kalimantan Selatan dengan beberapa di antaranya menempati jabatan strategis seperti Kasat Lantas dan Kapolsek.

Baca juga: Kapolda Sultra: Jaga citra Polwan
 
Pewarta : Firman
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021