Secara umum ada program nasional PKS berupa pembagian 1,7 juta sembako di seluruh Indonesia.
Semarang (ANTARA) -
Warga Desa Songbledek Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, yang terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini menerima bantuan 76 tangki air bersih dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Fraksi PKS.

Bantuan air bersih tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jateng Hadi Santoso di Semarang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa bantuan air bersih ini merupakan upaya dalam penanganan kekeringan di Kabupaten Wonogiri karena berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, tercatat sebanyak 30 desa berpotensi mengalami kekeringan.

"Menurut data BPBD Kabupaten Wonogiri, terdapat delapan kecamatan yang berpotensi mengalami kekeringan yang tersebar di 30 desa dengan 8.214 kepala keluarga terdampak atau sebanyak 27. 253 jiwa," katanya.

Baca juga: Legislator desak Pemprov Jateng atasi kekeringan di Wonogiri

Baca juga: 67.320 warga Wonogiri krisis air bersih

Oleh karena itu, bantuan air bersih seperti ini harus segera diupayakan untuk menolong warga yang terdampak kekeringan.

Hadi juga menyebutkan bahwa pemberian bantuan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan sosial yang dilakukan oleh para kader PKS dalam merefleksikan HUT Ke-76 Republik Indonesia.

"Secara umum ada program nasional PKS berupa pembagian 1,7 juta sembako di seluruh Indonesia. Juga berbagai kegiatan sosial lain, seperti pembagian 76 tangki air bersih yang juga merupakan hadiah bagi hari Kemerdekaan ke-76 RI," ujarnya.*

Baca juga: 38 desa di Wonogiri kekeringan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021