Saya yakin perempuan Indonesia mampu menghadapi itu semua
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan bahwa diperlukan strategi untuk meningkatkan peran perempuan di bidang politik.

"Ruang-ruang publik dan undang-undang sebenarnya sudah dibuka untuk melibatkan lebih banyak perempuan di dalamnya. Jadi, sekarang, semua tergantung bagaimana strategi dan upaya para perempuan untuk mengisinya," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis yang diterima oleh ANTARA di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, perjuangan perempuan Indonesia untuk meningkatkan kiprahnya di bidang politik masih jauh dari berhasil. Perlu langkah kontemplatif dan gerakan bersama dalam mewujudkannya.

Menurut Lestari, saat ini perempuan Indonesia sedang menghadapi tantangan dalam mewujudkan lebih banyak peran perempuan di bidang politik di Tanah Air.

Agar kiprah para perempuan Indonesia bisa mewarnai dinamika politik di negeri ini, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, para perempuan harus mampu menghimpun semua perspektif untuk menjadi masukan yang dapat mewarnai keputusan-keputusan politik bangsa ini.

Baca juga: Alissa Wahid sebut perempuan berperan penting melawan ekstremisme

Baca juga: Menlu Retno soroti peningkatan partisipasi perempuan dalam misi PBB


Komunikasi publik yang baik dan kemampuan multitasking yang dimiliki perempuan, tambah Rerie, merupakan faktor yang bisa diandalkan dalam berperan sebagai pemimpin.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini menambahkan, di sisi lain, dunia juga sudah mencanangkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) No. 5 terkait realisasi kesetaraan gender dalam proses pembangunan di setiap negara, untuk diwujudkan pada 2030.

"Kesetaraan adalah sikap adil yang harus dimulai dari para perempuan itu sendiri," tutur Rerie.

Rerie berharap, para perempuan Indonesia terus berupaya meningkatkan kemampuan diri, dan terus belajar dalam membangun kesadaran untuk menjawab tantangan dalam dinamika politik di Tanah Air.

Dalam upaya mewujudkan peningkatan peran perempuan di bidang politik, tegas Rerie, bisa direalisasikan lewat gerakan bersama dengan menyampingkan sekat-sekat sosial, politik, dan agama dalam menghadapi berbagai rintangan yang menghadang.

"Saya yakin perempuan Indonesia mampu menghadapi itu semua," ujar Rerie.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021