Solo (ANTARA) - Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak mengatakan, kegiatan lomba menembak khusus polisi wanita (Polwan) "Piala Kapolresta Surakarta Cup" untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan anggotanya di Polresta Surakarta.

"Kami menggelar menembak kelas presisi atau ketepatan sasaran pistol khusus anggota Polwan diikuti 120 anggotanya selain dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-73 Polwan RI tahun 2021 ini, juga untuk meningkatkan ketrampilan kompetensi personel terkait ketrampilan menembak," kata Kapolres, saat hadiri acara lomba menembak khusus Polwan, di Lapangan Tembak Mapolresta Surakarta, Selasa.

Kapolres mengatakan pada Hari Jadi ke-73 Polwan RI yang mengusung tema "Transformasi Polri Yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menuju Indonesia Maju".

Kapolres berharap hal tersebut dapat dijadikan momentum bagi seluruh personel Polwan Polresta Surakarta untuk bisa semakin menunjukkan jati diri dan eksistensinya melalui penguatan kompetensi atau "Konowledge-Skill-Attitude" yang optimal, serta peningkatan kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan peran Polri, dalam rangka melindungi, mengayomi, melayani masyarakat pemeliharaan Kamtibmas di Kota Solo.

Selain itu, kata Kapolres, juga penegakan hukum untuk mewujudkan kamtibmas dan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas yang kondusif.

"Kami juga menekankan kepada personelnya agar terus mengembangkan, melatih, dan mengasah kemampuan dan ketrampilan dalam menembak. Karena, dengan latihan menembak ini, bukan hanya menyempurnakan, tetapi membuat kompentensinya menjadi permanen dalam hal menembak," ujarnya.

Hal tersebut juga sesuai implementasi peraturan Kapolri (Perkap) No.1/2009, tentang penggunaan kekuatan tindakan kepolisian dilakukan dalam tugas di lapangan. Sehingga, mereka tahun betul tahapan-tahapan atau tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Anggota Polwan Polresta Surakarta, kata Kapolres, banyak sekali yang sudah menorehkan prestasinya, seperti seorang polwan anggotanya yang saat ini, dikirim bertugas untuk bersama pasukan perdamaian dunia (PBB), atas nama, Bripka Eka Dyah, dan beberapa anggota lainnya menjadi atlet penembak.

Selain itu, peran Polwan Polresta Surakarta di tengah pandemi saat ini, khususnya dalam penanganan dan pengendalian COVID-19 serta upaya pemulihan ekonomi, sangat strategis untuk mengakselerasi program pendisiplinan masyarakat terhadap kepatuhan menjalankan protokol kesehatan (Prokes) 6M serta pengendalian di hulu melalui 3T.

Polwan juga mendukung akselerasi atau percepatan vaksinasi untuk membentuk herd immunity, tentunya dengan memantapkan soliditas dan sinergitas dengan segenap element dan komponen masyarakat serta TNI dan Pemerintah Kota Surakarta, sebagaimana visi dan misi bersama yakni "Kebut Vaksinasi-Kebut Pemulihan Ekonomi untuk Indonesia Maju".

Sementara itu, pada lomba penembak kelas presisi pistol khusus Polwan Polresta Surakarta yang merebutkan Piala Kapolresta CUP 2021, diikuti sebanyak 120 polisi wanita yang terbaik kelompok Bintara, Pama dan Pamen. Polwan yang memperoleh nilai tertinggi lomba menembak yakni Aipda Retno Susi Aryanti (anggota intel Polsek Serengan), kedua Iptu Dian Rahma (Kasium Polresta Surakarta) dan Bripda Hilmi (anggota Polsek Pasar Kliwon). 

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021