Jadi dana bergulir itu tidak dikenakan bunga
Makassar (ANTARA) - PT Pelindo IV mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,5 miliar untuk membantu permodalan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sekitar kawasan Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV (Persero) Dwi Rahmad Toto, di Makassar, Senin, mengatakan bantuan modal usaha yang diberikan MNP dalam membina inkubator itu, bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Menurut dia, UMKM yang sebagian besar berada di Kecamatan Tallo dan Ujung Tanah itu mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga.

"Jadi dana bergulir itu tidak dikenakan bunga, selain itu mendapatkan pendampingan dari Unhas sesuai dengan bidang usaha yang digelutinya," katanya.

Dia menjelaskan, alokasi dana bantuan modal usaha Rp3,5 miliar itu adalah bagian dari total anggaran corporate social responsibility (CSR) yang tercatat Rp10,3 miliar tahun ini.

Sedang sisanya digunakan untuk pendanaan mendukung empat pilar, yakni sektor ekonomi, sosial, pendidikan, dan lingkungan.

Sebagai gambaran untuk sektor sosial, dengan memberikan bantuan berupa sembako dan penyediaan fasilitas pada daerah-daerah yang dilanda bencana, di antaranya gempa bumi di Mamuju dan Majene di Sulbar dan banjir bandang di Luwu Utara, Sulsel.
Baca juga: Pelindo IV distribusikan bantuan IPC untuk korban gempa
Baca juga: Pelindo IV kordinator pengumpulan bantuan

 
Suasana aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Peti Kemas, Makassar, Kamis (26/8/2021). ANTARA/Suriani Mappong/aa.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021