Jakarta (ANTARA) - Lazio menelan tamunya Spezia dengan kemenangan telak 6-1 dalam rangkaian pertandingan pekan kedua Liga Italia, saat di laga lain Atalanta dipaksa bermain nirgol melawan Bologna.

Menjamu Spezia di Olimpico, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB), kemenangan telak Lazio disokong oleh raihan trigol yang dibukukan mesin gol utama mereka, Ciro Immobile, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Spezia sebetulnya sempat mencuri keunggulan saat pertandingan baru berusia empat menit saat Daniele Verde menyambar bola muntah hasil tembakan Emmanuel Gyasi yang tak diantisipasi sempurna kiper Pepe Reina.

Namun Lazio tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan sebab semenit berselang Immobile mencetak gol pertamanya dengan menyelesaikan umpan kiriman Pedro Rodriguez.

Lantas pada menit ke-15, Immobile mencetak gol keduanya demi membawa Lazio berbalik memimpin selepas tembakan jarak jauhnya cukup untuk memperdaya kiper Jeroen Zoet.

Baca juga: Lazio awali musim hempaskan Empoli, Atalanta menang dramatis di Torino

Tim besutan Maurizio Sarri terus mendominasi permainan dan di pengujung babak pertama mereka memperoleh hadiah tendangan penalti selepas Pedro dijatuhkan Martin Erlic di dalam area terlarang.

Kesempatan itu gagal dimanfaatkan Immobile untuk melengkapi raihan trigolnya, ketika bola tendangan penaltinya bisa ditepis oleh Zoet hanya membuahkan sepak pojok.

Namun, situasi sepak pojok itu berhasil dimanfaatkan Immobile untuk betul-betul mencetak gol ketiganya dengan menanduk bola kiriman Luis Alberto.

Lazio menambah lagi keunggulan mereka jadi 4-1 saat umpan jauh Reina bisa dikejar, dikendalikan dan dikonversi oleh Felipe Anderson jadi gol keempat tuan rumah pada menit ke-47.

Baca juga: Pedro Rodriguez resmi menyebrang dari AS Roma ke Lazio

Tujuh menit kemudian, Lazio kian leluasa menguasai pertandingan lantaran tamunya harus kehilangan Kelvin Amian yang diganjar kartu merah dan dipaksa melanjutkan laga hanya dengan 10 pemain di dalam lapangan.

Situasi 11 lawan 10 berhasil dimanfaatkan Lazio untuk melengkapi kemenangan mereka lewat gol-gol Elseid Hysaj dan Luis Alberto.

Lazio yang meraih enam poin penuh sementara naik ke puncak klasemen menggusur Inter Milan (6) berbekal superioritas selisih gol, sedangkan Spezia (1) melorot ke urutan 15.

Atalanta dominan tapi tumpul

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Gewiss, Atalanta tampil begitu dominan saat menjamu Bologna tapi tumpul sehingga harus puas dengan skor akhir 0-0.

Baca juga: Atalanta datangkan Davide Zappacosta dari Chelsea

Catatan statistik memperlihatkan Atalanta memiliki tak kurang dari 59 persen penguasaan bola dan melepaskan tak kurang dari 22 percobaan tembakan sepanjang laga.

Namun hanya tiga yang menemui sasaran dan ketiganya bisa diamankan oleh kiper Lukasz Skorupski.

Satu poin yang dibagi membuat kedua tim sama-sama mengumpulkan empat poin, di mana Bologna sementara menduduki peringkat keempat dan Atalanta persis satu strip di bawahnya.

Baca juga: Debut Joaquin Correa berhias dwigol, Inter bangkit kalahkan Verona 3-1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021