Jakarta (ANTARA) - Mitra Seni Indonesia (MSI), perkumpulan yang menjadi wadah pecinta/pemerhati/pelaku seni dan budaya Indonesia, bersama KITA Art Community Bali - Gianyar menggelar pentas amal tari tradisional Bali dalam upaya membantu komunitas seniman yang terdampak pandemi COVID-19.

Pagelaran ini akan ditayangkan secara live streaming di YouTube Mitra Seni Indonesia atau https://tinyuri.com/channelMSI pada Minggu, 29 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB dan dapat disaksikan oleh umum.

Pagelaran yang sekaligus untuk merayakan HUT Ke-14 MSI dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI ini dikemas sebagai pagelaran amal sejalan dengan tema yang diangkat yakni "Mari kita kobarkan semangat berbagi untuk tetap menghidupkan seni pertunjukan tradisional di Indonesia", kata Ketua Panitia Penyelenggara Pagelaran, Hesti Indah Kresnarini, dalam pernyataan pers, dikutip Sabtu.

Baca juga: Sanggar Seni Gumiart sajikan 6 tari kontemporer dalam FSBJ

Baca juga: Protokol kesehatan diterapkan dalam pentas Tari Kecak di Uluwatu


Dengan pagelaran amal ini, lanjut Hesti, MSI dapat selalu mendukung para seniman maupun kelompok seni pertunjukan tradisional bisa tetap bertahan di tengah pandemi.

Ketua MSI Sari Ramdani mengatakan bahwa pada Pagelaran Amal Ludruk Mitra Seni Indonesia Tahun 2020, MSI telah menyalurkan bantuan dana dari hasil pagelaran itu kepada para pelaku seni dan kelompok seni pertunjukan yang terhenti kegiatannya karena pandemi.

Mereka antara lain Sanggar Teater Mak Yong Riau, Ketoprak Tobong Kelana Bakti Budaya Sleman, KITA Art Community Bali - Gianyar, Ludruk Irama Budaya Surabaya, dan Sanggar Astari Bangka Belitung.

Pagelaran Amal Seni Tari Tradisional Bali karya Ketut Widi Putra pada akhir pekan ini dikemas secara menarik dengan menampilkan tari tradisional dan juga tari pengembangan baru, antara lain Tari Barong, Tari Jauk, Tari Legong, dan Tari Kembalikan Baliku.

Pagelaran ini juga didukung oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gianyar, Bali. Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Adnyani Mahayastra, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada MSI yang selalu berupaya melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya Indonesia.

Ida Ayu berharap masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, bisa lebih mengenal dan mencintai seni budaya Bali.

Baca juga: Empat seniman Bali dianugerahi Dharma Kusuma dan diberi uang

Baca juga: Seniman Bali soroti fenomena maraknya penari Rangda yang kebablasan

Baca juga: Prof Dibia: Aksi kocak bisa nodai wibawa tari Barong Ket

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021