Jakarta (ANTARA) - Wojciech Szczesny menjadi bulan-bulanan media Italia dan dituding sebagai biang keladi Juventus hanya memperoleh hasil imbang 2-2 melawan Udinese dalam laga pekan pembuka Liga Italia 2021/22 di Dacia Arena, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Sedikitnya tiga surat kabar Italia yakni La Gazzetta dello Sport, Il Corriere dello Sport dan Tuttosport memberi Szczesny nilai 4 dari 10 untuk rapor pertandingan tersebut, demikian lansiran laman Football Italia, Senin.

Bahkan, La Gazzetta dello Sport tidak ragu-ragu untuk mengatakan Mattia Perin, kiper cadangan Juventus, harus segera bersiap untuk menggantikan Szczesny mengawal gawang Si Nyonya Tua.

Hujan kritik yang diarahkan kepada Szczesny tidak lepas dari perannya atas dua gol penyama kedudukan yang dicetak Udinese, padahal Juve sebelumnya sudah unggul 2-0 berkat gol-gol Paulo Dybala dan Juan Cuadrado.

Baca juga: Ronaldo gagal menangkan Juventus atas Udinese karena dianulir VAR

Pada menit ke-50, Szczesny gagal mengantisipasi sempurna tembakan jarak jauh Tolgay Arslan dan upayanya mengamankan bola muntah berakhir dengan ia melanggar jatuh gelandang Udinese tersebut berbuah tendangan penalti bagi tuan rumah.

Tendangan penalti sukses dikonversi oleh mantan pemain Juve, Roberto Pereyra, untuk memperkecil ketertinggalan Udinese 1-2.

Lantas tujuh menit jelang bubaran normal, Szczesny melakukan kesalahan fatal saat melakukan giringan improvisasi tapi gagal mengecoh Stefano Okaka dan membuat bola jatuh di hadapan Gerard Deulofeu yang tinggal menceploskannya ke gawang tak bertuan untuk membuat kedudukan imbang 2-2.

Cristiano Ronaldo, yang memulai pertandingan dari bangku cadangan, sebetulnya sempat menjebol gawang tuan rumah pada injury time menanduk umpan silang Federico Chiesa. Tetapi selebrasi Juve berakhir dengan penganuliran gol tersebut karena offside oleh VAR.

Pelatih Juve, Massimiliano Allegri, tidak mau mengkambinghitamkan Szczesny atas dua kesalahannya, tetapi ia bilang kiper Polandia itu seharusnya tidak perlu malu membuang bola ke luar lapangan bila terdesak.

Hasil ini membuat Juventus sementara berada di posisi kedelapan klasemen Liga Italia dengan raihan satu poin.

Juve selanjutnya akan menjamu tim promosi Empoli di Stadion Allianz, Sabtu (28/8) pekan depan.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021