Kemarin, promosi RI jadi pusat ekowisata dan IKM pengolahan porang

Kemarin, promosi RI jadi pusat ekowisata dan IKM pengolahan porang

Sejumlah warga menyusuri kawasan hutan mangove di wilayah Kedonganan, Badung, Bali, Jumat (18/6/2021). Berbagai potensi yang ada di kawasan hutan mangrove tersebut mulai dikenalkan kepada masyarakat sebagai destinasi edukasi pelestarian mangrove dan ekowisata. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi bidang ekonomi mewarnai pemberitaan kemarin, mulai dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak anak muda promofukan RI jari pusat ekowisata dunia, hingga Kementerian Perindustrian yang mendorong daya saing industri kecil menengah (IKM) pengolahan porang. Simak berita-beritanya.

1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak generasi muda tanah air untuk mempromosikan Indonesia menjadi pusat ekowisata dunia.

Selain melakukan promosi, ujarnya, generasi muda dapat menjaga, merawat, dan melestarikan keindahan tanah air dengan penerapan konsep ekowisata yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.
Sandiaga ajak generasi muda jadikan Indonesia pusat ekowisata dunia


2. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong potensi pengembangan industri pengolahan porang melalui pendampingan pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dengan memfasilitasi peningkatan teknologi produksi.

"Industri pengolahan porang dinilai merupakan salah satu sektor yang tumbuh positif dan kian merambah pasar ekspor di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19," kata Plt Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita.
Kemenperin dorong daya saing IKM olahan Porang


3. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pemerintah akan terus gencarkan vaksinasi dalam rangka mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity secara nasional.

"Seperti yang bapak dan ibu lihat, perhatian dan usaha keras pemerintah menyegerakan program vaksinasi secara nasional agar terbentuk herd immunity, tak henti kami kerjakan dan akan terus digencarkan," ujar Erick Thohir.

Erick Thohir: Vaksinasi terus digencarkan demi capai "herd immunity"
 

4. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, seluruh Kementerian/Lembaga harus turut mendukung upaya percepatan vaksinasi nasional.

"Hari ini kegiatan vaksinasinya luar biasa. Jumlah vaksinnya banyak dan dikelola dengan baik dan kompak antar Kementerian dan Lembaga. Arahan bapak Presiden bahwa semua pihak harus melakukan kegiatan vaksinasi secara serius. Ini bisa menjadi contoh yang baik di daerah-daerah lainnya,” kata Budi Karya.
Menhub: Seluruh kementerian bersinergi dukung vaksinasi massal


5. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR memberdayakan lebih dari 35.000 orang lewat program padat karya tunai (PKT) berupa pembangunan sanitasi pondok pesantren (ponpes).

“Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa atau pelosok. Pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol physical dan social distancing untuk pencegahan penyebaran COVID-19,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

PUPR berdayakan 35.000 orang lewat padat karya sanitasi ponpes

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021