Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menggelar vaksinasi gratis di kawasan penopang ekonomi nasional, Kawarang - Jawa Barat, guna mencegah kluster penyebaran COVID-19 di lingkungan industri.

Melalui kemitraan dengan Polres Karawang dan APINDO, TMMIN memberikan vaksinasi gratis bagi 1.500 orang dan donasi 1.000 paket sembako bagi warga setepat di Polsek Klari Karawang, yang dilanjutkan vaksinasi gratis bagi 1.700 warga pada Minggu (22/8).

Baca juga: Godrej Indonesia beri 4.500 dosis vaksin bagi karyawan dan keluarga

"Kegiatan vaksinasi ini ditujukan untuk mendukung Pemerintah menghindari terjadinya kluster penyebaran virus COVID-19 di lingkungan industri," kata Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam dalam siaran pers, Minggu (22/8).

"Semoga bantuan vaksinasi dan donasi sembako memberikan harapan positif serta menyebarkan semangat kebersamaan di Karawang sebagai salah satu kawasan penggerak industri terbesar yang berkontribusi bagi pemulihan ekonomi Indonesia," ujar Bob Azam.

Bob menambahkan, sejak pertengahan 2021 hingga saat ini, Toyota Indonesia telah memberikan 80.000 dosis vaksinasi gratis bagi masyarakat.

Pada kegiatan vaksinasi di Polsek Klari, warga penerima vaksin Aisyah Indriana menyatakan terima kasihnya kepada pihak swasta dan pemerintah maupun asosiasi yang telah menyelenggarakan program tersebut.

“Kepada Toyota Indonesia, Pemkab, Polres, dan APINDO Karawang, saya haturkan terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi gratis ini. Semoga dengan makin banyaknya kegiatan vaksinasi gratis ini, Karawang bisa segera bebas dari pandemi COVID-19,” kata Aisyah.

Baca juga: 25 RS terima donasi alat kesehatan hingga tabung oksigen

Rumiah, lansia berusia 62 tahun yang sempat berdialog dengan Wakil Bupati dan Kapolres Karawang, merasa bersyukur bisa dimudahkan untuk mendapat vaksin yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal.

"Terima kasih kepada Pemkab Karawang dan Polres Karawang untuk vaksinasi COVID serta paket sembako yang telah saya terima. Mudah-mudahan warga Karawang sehat selalu,” ucap Rumiah.

Mendukung Pemulihan
Sejak pandemi melanda tahun lalu hingga saat ini, Toyota membantu percepatan penanganan pandemi melalui donasi Kijang Innova ambulance sebanyak 17 unit dan lebih dari 150.000 APD kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Kementerian Kesehatan, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Karawang, Pemkab dan Pemkot Bekasi, Pesantren, dan warga sekitar.

Toyota juga bekerja sama dengan akademisi, seperti Universitas Indonesia dan Balai Latihan Kerja (BLK) seperti Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta, selain dengan beberapa supply chain, dalam pengembangan berbagai alat pelindung diri (APD) seperti face mask, flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield.

Hal lainnya adalah turut menyalurkan donasi cepat tanggap Rp1,55 miliar untuk membantu penanganan pasien COVID-19 di 6 rumah sakit yang tersebar di 4 provinsi, meliputi 300 tabung oksigen beserta isinya (1.800 m3), portable bed, Oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan, dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imunitas tubuh.

Sebagai inisiatif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan COVID-19 dan tindakan pencegahannya, Toyota juga menyelenggarakan Program Kampung Siaga COVID-19 (KSC) sejak September 2020, Hingga saat ini telah berdiri 100 Kampung Siaga COVID-19 (KSC) yang tersebar di wilayah Karawang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok.


Baca juga: HUT RI, Mamitoko beri donasi pada anggota pahlawan COVID-19

Baca juga: Komunitas Changi Airport sumbang konsentrator oksigen untuk Indonesia

Baca juga: Uniqlo buka sentra vaksinasi di Tangerang, target 2.500 orang sehari

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021