Pasien sembuh dari COVID-19 Bantul terus bertambah, lebihi kasus baru

Pasien sembuh dari COVID-19 Bantul terus bertambah, lebihi kasus baru

Tenaga kesehatan Dinkes Bantul melakukan tes COVID-19. ANTARA/Hery Sidik.

Bantul (ANTARA) - Pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus bertambah dengan angka melebihi kasus baru, seperti pada Jumat ini, dengan 1.760 orang sembuh dan kasus baru berjumlah 324 orang.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul, Jumat, dengan penambahan pasien pulih itu, maka angka kesembuhan di Bantul menjadi 46.319 orang, melonjak signifikan dibanding data sehari sebelumnya, Kamis (19/8), yang berjumlah 44.559 orang.

Sementara total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Bantul secara kumulatif dengan adanya penambahan kasus baru dalam sehari terakhir tersebut menjadi 51.904 orang, naik dibanding sebelumnya yang berjumlah 51.580 orang.

Namun demikian, dalam periode yang sama terdapat kasus konfirmasi COVID-19 yang meninggal dunia berjumlah 12 orang, sehingga total kasus kematian di Bantul menjadi 1.359 orang.

Baca juga: Pemkab: Angka kasus aktif COVID-19 di Bantul turun signifikan

Baca juga: Bantul belum terapkan syarat sudah vaksin masuk layanan publik


Dengan perkembangan kasus harian tersebut maka jumlah kasus aktif COVID-19 atau pasien positif yang masih menjalani karantina maupun isolasi di selter terpadu dan isolasi mandiri di rumah wilayah Bantul per hari Jumat ini, sebanyak 4.226 orang.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Bantul Joko Purnomo mengatakan penurunan angka kasus COVID-19 yang signifikan ini tidak lepas dari kegigihan para tenaga kesehatan maupun petugas di semua level, dan ini menunjukkan konsolidasi baik langsung dan tidak langsung dapat berjalan dengan baik.

Meski demikian, Wakil Bupati Bantul tetap mengingatkan agar semua elemen masyarakat terus bahu membahu melawan dan memutus penyebaran COVID-19, karena apabila tidak segera teratasi, maka akan berdampak pada berbagai sektor.

"Mari bersama kita putus rantai penyebaran COVID-19 dengan perilaku hidup bersih dan sehat, dan menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," katanya.*

Baca juga: Kasus sembuh COVID-19 di Bantul terus bertambah lebihi kasus baru

Baca juga: Bupati : Oksigen gratis diberikan selama masih pandemi COVID-19
Pewarta : Hery Sidik
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021