IPDN-TNI AL alokasikan 15 ribu dosis vaksin untuk masyarakat Sumedang

IPDN-TNI AL alokasikan 15 ribu dosis vaksin untuk masyarakat Sumedang

Sejumlah tenaga kesehatan melaksanakan vaksinasi di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (20/8/2021). ANTARA/HO-IPDN.

Sumedang, Jabar (ANTARA) - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan TNI Angkatan Laut (AL) menyiapkan 15 ribu dosis vaksin COVID-19 untuk membantu pemerintah mempercepat vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum sehingga cepat terwujud kekebalan kelompok di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh IPDN,  khususnya dalam aspek pengabdian masyarakat," kata Wakil Rektor I IPDN Hyronimus Rowa saat pelaksanaan vaksinasi massal di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat.

Ia menjelaskan IPDN bekerja sama dengan TNI AL, Pemkab Sumedang beserta relawan nasional COVID-19 melaksanakan vaksinasi gratis untuk masyarakat di sekitar Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Tanjungsari.

Kegiatan bakti sosial ini, kata dia, dilaksanakan pada tahap pertama selama dua hari sampai 21 Agustus 2021 dengan jumlah vaksin jenis Sinovac sebanyak 7.500 dosis, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua 28 hari sebanyak 7.500 dosis.

Petugas tenaga kesehatan yang disiapkan, kata dia, sebanyak 131 orang terdiri atas tenaga kesehatan IPDN, TNI AL, Dinkes Sumedang, dan relawan basional COVID-19.

"Jadi kami menugaskan sekitar 35 nakes IPDN untuk membantu proses vaksinasi ini," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI AL dan seluruh instansi lain yang telah membantu melaksanakan program vaksinasi sebagai bentuk pengabdian masyarakat di sekitar lingkungan IPDN Jatinangor.

"Pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan aman, tertib dan sesuai dengan prokes COVID-19, hari ini kami menargetkan untuk melakukan vaksin sebanyak 3.500 dosis, dilanjutkan sisanya esok hari," kata Hyronimus Rowa.

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Pertama TNI Erwin S. Aldedharma beserta jajaran turut hadir dalam pelaksanaan vaksinasi di Kampus IPDN Jatinangor untuk memastikan kegiatannya berjalan lancar sesuai protokol kesehatan.

Ia menargetkan vaksinasi di Kampus IPDN Jatinangor sebanyak 7.500 orang yang dilaksanakan selama dua hari, hasilnya cukup banyak masyarakat yang antusias ingin divaksin.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kemendagri khususnya IPDN dan juga masyarakat sekitar yang antusias pada pelaksanaan vaksin ini, vaksinasi ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai 'herd immunity'," demikian Erwin S. Aldedharma.

Baca juga: IPDN siapkan praja berwawasan membangun daerah dan penanganan COVID-19

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat Pulau Soop Sorong

Baca juga: IPDN wisuda 1.734 praja secara virtual agar bisa disaksikan orang tua

Baca juga: Praja dan sivitas akademika IPDN disuntik vaksin COVID-19
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021