Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Garda Pemuda (GP) NasDem, Prananda Surya Paloh mengapresiasi masyarakat yang telah berpartisipasi dalam Program Pemuda Siaga Pandemi-Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) yang jumlahnya mencapai 2.717 orang.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan PSP Berderma ini. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa menjadi kekuatan baru bagi kita yang sedang berjuang melawan COVID-19 di Republik Indonesia ini," kata Prananda dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.

Dia mengaku bersyukur di berbagai kota/kabupaten di Indonesia masih banyak warga yang peduli antara satu sama lain, terbukti ada 2.488 pendonor darah biasa dan 229 pendonor plasma konvalesen, yang jumlahnya mencapai 2.717 pendonor sejak 30 Juli 2021 hingga 18 Agustus 2021.

"Kegiatan PSP Berderma ini menjadi bukti bahwa kami dari Garda Pemuda NasDem siap mengabdikan diri demi kepentingan bangsa dan negara dalam melawan pandemi COVID-19," tuturnya.

Baca juga: Pertamina lakukan donor plasma konvalesen dukung penanganan COVID-19

Anggota Komisi I DPR RI ini mengatakan, manfaat dari plasma konvalesen bagi pasien COVID-19 sangatlah penting.

Selain untuk membantu meningkatkan imunitas secara pasif, juga membantu menurunkan jumlah virus dalam tubuh hingga menjaga sel tetap utuh guna mencegah organ dalam tubuh mengalami kerusakan.

Tak lupa, Prananda juga mengapresiasi kerja kemanusiaan seluruh kader GP NasDem di Indonesia yang telah merelakan waktu, tenaga, dan pikiran, sehingga aksi donor darah dan donor plasma konvalesen ini berjalan dengan sukses.

Dia juga berpesan kepada kader GP NasDem untuk selalu menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak partai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat.

"Para kader NasDem terus berkontribusi membantu pemerintah dan masyarakat. Salah satunya kami buktikan dengan kegiatan PSP Berderma ini yang telah dimulai sejak 30 Juli 2021 hingga 18 Agustus 2021," jelas Prananda.

Sementara itu, Koordinator Nasional PSP Berderma GP NasDem, Duwi Pratiwi mengatakan kegiatan puncak PSP Berderma ini digelar pada 18 Agustus 2021 secara serentak sekaligus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76.

"Kita juga syukuran atas pencapaian angka pendonor nasional dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bermuara pada kepentingan bersama," kata Duwi.

Dari data yang diterima, jumlah peserta yang telah mendonorkan darahnya mencapai 2.488 orang dan yang mendonorkan plasma konvalesen mencapai 229 orang.

Dari data itu, terdapat tiga provinsi dengan Jumlah pendonor terbanyak, pertama Provinsi Kepulauan Riau dengan jumlah pendonor 535 orang, disusul Jawa Tengah 257 pendonor serta Papua Barat 153 pendonor.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021