kehadiran gerai UMKM premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini dapat berkontribusi terhadap kemajuan UMKM Kalimantan Selatan dan layanan yang lebih baik untuk kenyamanan para pengguna jasa
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) berkolaborasi dengan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menghadirkan gerai UMKM premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Hadirnya gerai UMKM premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM di wilayah bandara Angkasa Pura I beroperasi, yang dilakukan melalui sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder terkait.," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Faik Fahmi menjelaskan gerai UMKM premium Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini merupakan hasil kerja sama antara Angkasa Pura I, melalui salah satu anak perusahaannya Angkasa Pura Retail, dengan Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalimantan Selatan dan Sarinah. Gerai ini telah beroperasi sejak 14 Agustus 2021 lalu.

Gerai seluas 232 meter persegi itu menampilkan sebanyak 58 UKM yang telah dikurasi oleh pihak Sarinah dan Angkasa Pura Retail dari total 75 UKM binaan Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalimantan Selatan yang mendaftar. Produk-produk yang tersedia beragam, mulai dari kain sasirangan khas Kalimantan Selatan, kerajinan, perhiasan/permata, hingga aneka olahan makanan khas seperti kopi dan sambal acan.

Dengan hadirnya gerai tersebut, para penumpang dapat lebih mudah ketika memilih buah tangan khas Kalimantan Selatan, karena dari sisi kualitas produk, pengemasan, maupun komposisi sudah sesuai standar nasional yang diterapkan.

"Diharapkan kehadiran gerai UMKM premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini dapat berkontribusi terhadap kemajuan UMKM Kalimantan Selatan dan layanan yang lebih baik untuk kenyamanan para pengguna jasa," ujarnya.

Beberapa galeri UMKM bandara Angkasa Pura I yang cukup besar lainnya terdapat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

"Angkasa Pura I berupaya untuk meningkatkan kelas produk-produk UMKM lokal dengan melibatkan para pelaku UMKM di galeri-galeri UMKM yang disediakan di bandara. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang produk-produk mereka dapat diperkenalkan dan dipasarkan ke penumpang pesawat, baik domestik maupun internasional," pungkasnya.

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021