Jakarta (ANTARA) - Karang Taruna Kebon Baru, Jakarta Selatan, menjalin kolaborasi dengan Swalayan All New Fresh Tebet untuk memasarkan hasil tani perkotaan (urban farming) yang dikelola oleh kelompok pemuda tersebut.

Ketua Karang Taruna Kebon Baru Ainul Yaqin saat dihubungi di Jakarta, Rabu mengatakan, kolaborasi itu dilakukan untuk memaksimalkan hasil tani berupa sayur-mayur yang dikelola oleh kelompoknya.

"Ya kemarin kita baru banget kerjasama, itu pada Jumat13 Agustus, masih tahap awal. Mudah-mudahan berjalan baik. Kebetulan kita juga dibantu sama penyuluh dari KPKP Tebet untuk menawarkan hasil pangan kami," kata Ainul.

Kendati telah berkolaborasi dengan Gelael Tebet, Ainul mengatakan, meningkatnya hasil sayur menjadi alasan lain berkolaborasi dengan retail lain untuk memaksimalkan produk tersebut.

"Hasil produk kita semakin meningkat jadi ketika di Gelael sudah memenuhi permintaan kita mesti mencari tempat lain," kata Ainul.

Baca juga: Kelurahan Kebon Baru kembangkan budi daya ulat magot
Baca juga: Produk pertanian Karang Taruna di Jaksel masuk pasar modern


Ainul menambahkan, pihaknya akan mengirimkan sebanyak 300 paket produk sayuran berupa bayam, sayur jenis pak coy dan kangkung yang akan didistribusikan setiap bulannya.

Ainul menuturkan bahwa pihaknya juga akan menaikkan harga produk sayuran yang diberi label "New Garden Hydro" itu menjadi Rp8.000 yang awalnya Rp7.500.

Dia berharap dengan adanya kerjasama ini akan dapat menjangkau lebih banyak konsumen terhadap produk pertanian kota Jakarta Selatan.

"Ini untuk melebarkan sayap juga sih dan menjangkau banyak para konsumen. Kita juga naikkan harga sedikit dari yang sebelumnya," katanya.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021