BMKG ingatkan ada potensi ombak 4 meter di Aceh 3 hari ke depan

BMKG ingatkan ada potensi ombak 4 meter di Aceh 3 hari ke depan

Ilustrasi - Gelombang laut melewati batu pemecah ombak sehingga menghantam daratan pesisir pantai wisata Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (27/5/2021). ANTARA FOTO/Rahmad/aww.

Banda Aceh (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta pihak pelabuhan penyeberangan dan masyarakat umum untuk mewaspadai adanya potensi ketinggian ombak atau gelombang laut mencapai 4 meter di perairan wilayah Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Selasa, mengatakan bahwa peringatan tersebut dikeluarkan untuk perkiraan tinggi gelombang laut selama tiga hari ke depan.

Baca juga: Waspada potensi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah provinsi

"Waspadai potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, perairan Meulaboh – Kepulauan Sinabang dan Samudera Hindia Barat Aceh yang dapat mencapai 4 meter atau lebih," kata Zakaria. 

Selanjutnya, BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mulai 1,25 hingga 2,5 meter di Selat Malaka bagian Utara, perairan penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan perairan Lhokseumawe.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi bencana alam di Aceh akibat anomali cuaca

Sementara untuk penyeberangan kapal menuju Kabupaten Simeulue dari Kabupaten Aceh Barat atau Kepulauan Sinabang - Meulaboh, potensi tinggi gelombang laut mencapai 4 meter.

Untuk klasifikasi tinggi gelombang laut 1,25 hingga 2,5 meter masih kategori sedang, sedangkan ketinggian mulai 2,5 hingga 4 meter sudah kategori tinggi.

Sebab itu Zakaria mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan ketika melaut dalam kondisi cuaca tersebut.

Baca juga: BMKG Jambi ingatkan potensi cuaca ekstrem 15-19 Agustus

“Kita mengimbau nelayan perlu mewaspadai tinggi gelombang saat melaut, lebih berhati-hati. Kemudian juga kita imbau kepada aktivitas penyeberangan Banda aceh - Sabang dan Aceh Barat - Simeulue," katanya.

Di samping itu, BMKG juga mengingatkan warga terhadap potensi hidrometeorologi di Aceh, terutama wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan sebagian Bener Meriah yang berpotensi hujan deras hingga petir.

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem sejumlah daerah sepekan ke depan

Sementara Sabang, Lhokseumawe, Banda Aceh serta sebagian wilayah Pidie kondisi cuaca cerah berawan.

"Sedangkan kondisi prakiraan cuaca di sejumlah kabupaten/kota lainnya di Aceh berawan tebal hingga hujan sedang," kata Zakaria.

Baca juga: Wilayah tanpa hujan kategori ekstrem di NTT bertambah jadi 13 daerah
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021