Lapan maknai HUT ke-76 RI dengan semangat membangun negeri

Lapan maknai HUT ke-76 RI dengan semangat membangun negeri

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memaknai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia dengan semangat membangun negeri menjadi maju dan mandiri

"Kemerdekaan Republik Indonesia harus dimaknai sebagai semangat untuk terus membangun negeri mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Dalam mengisi kemerdekaan RI, Lapan berupaya melaksanakan amanat Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, khususnya Peraturan Presiden Nomor 45 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Keantariksaan.

Baca juga: Zulkifli: Pandemi ujian tunjukkan Indonesia sebagai bangsa tangguh

Semangat menggelorakan riset dan inovasi dalam peringatan HUT ke-76 RI diwujudkan dengan visi Lapan 2020-2024 untuk menjadi penggerak sektor-sektor pembangunan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) penerbangan dan antariksa untuk mewujudkan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden, yaitu Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Di samping itu, Lapan terus meningkatkan kompetensi menjadi pusat unggulan Iptek penerbangan dan antariksa yang bisa bersaing di tingkat global, setidaknya bisa berkolaborasi setara dengan mitra global.

Thomas menuturkan semangat Presiden RI untuk Indonesia memiliki inovasi dan teknologi unggulan dan terbaru menjadi pemacu untuk segera diwujudkan dengan meningkatkan kompetensi dan kinerja riset dan inovasi di bidang penerbangan dan antariksa.

"Presiden memberikan optimisme kita bisa keluar krisis pandemi untuk menunjukkan ketangguhan Indonesia dan terus tumbuh. Krisis telah menumbuhkan kreativitas memanfaatkan teknologi untuk hidup dengan kondisi normal yang baru," ujar Thomas.

Baca juga: Anies ajak maknai Kemerdekaan dengan bersatu hadapi COVID-19
Baca juga: Upacara HUT ke-76 RI, Menag berdoa agar dapat jaga keindahan negeri
Baca juga: Wapres berpakaian Sunda hadiri Upacara HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021