Makna kemerdekaan bagi Sandiaga Uno

Makna kemerdekaan bagi Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara press conference ‘This is Indonesia’, di Jakarta, Minggu (15/8/2021). ANTARA/HO-Kemenparekraf/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan pendapatnya mengenai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan diperingati pada Selasa (17/8) besok.

Sandiaga Uno mengatakan, memang menantang untuk merayakan Hari Kemerdekaan di masa pandemi, namun kreativitas merupakan hal utama yang bisa menjadi pemantik semangat, terutama bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta seni.

"Ini adalah sinyal kebangkitan kita, lebih dari 1,5 tahun berjuang di pandemi dan tantangan ekonomi. Ini menunjukan semangat untuk bangkit, bergerak, membuktikan bahwa kita adalah bangsa yang besar. Menang lawan COVID, together we can do it," kata Menparekraf melalui jumpa pers daring, Minggu (15/8).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga menyatakan harapannya pada sektor industri kreatif, terutama musik, agar bisa kembali bangkit dan memberikan kontribusi untuk produk domestik bruto (PDB) nasional.

Untuk itu, iIa juga berharap masyarakat bisa menemukan sisi positif dari kondisi selama pandemi, yakni berjuang bersama untuk bangkit melalui gagasan-gagasan yang kreatif, salah satunya melalui musik.

"Semoga nantinya musik Indonesia bisa ke ranah dunia. Kami juga mendorong agar dangdut masuk dalam daftar (warisan tak benda) UNESCO," imbuhnya.

Sebagai informasi, subsektor musik menjadi salah satu subsektor yang potensial. Menurut, buku Outlook Pariwisata 2020/2021, pada tahun 2020 subsektor musik memberikan kontribusi kepada PDB nasional sebesar Rp5,98 triliun. 

Sementara, proyeksi jumlah orang yang bekerja di subsektor musik sebanyak 63.676 orang.

"Saya juga berharap, semoga perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini dapat menjadi momentum kebangkitan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, khususnya dalam bidang musik di tengah pandemi COVID-19," ujar Menparekraf melanjutkan.

Sandiaga menambahkan, Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia tahun ini diharapkan menjadi sinyal kebangkitan bangsa yang telah berjuang lebih dari 1,5 tahun melawan pandemi dan tantangan ekonomi.

"Kini, kreativitas musisi menjadi tidak tersekat dengan adanya berbagai tantangan, justru semakin kreatif. Saya malah menemukan banyak karya terbaik musisi Indonesia yang lebih baik dari sebelum pandemi, dan ini suatu semangat, mengingat musik kontribusinya besar bagi negara, musik merupakan identitas bangsa," kata dia.

Baca juga: Sandiaga Uno berikan 1.000 beasiswa ke anak pedagang kecil

Baca juga: Sandiaga: Pandemi eranya musisi berkolaborasi dan berinovasi

Baca juga: Sandiaga Uno dorong pelaku ekraf manfaatkan platform digital

 
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021