Menteri Bintang ajak suarakan pemberdayaan perempuan

Menteri Bintang ajak suarakan pemberdayaan perempuan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga berbicara dalam Webinar Forum Jurnalis Perempuan Indonesia dengan tema 76 Tahun Merdeka, Perempuan Indonesia Sudah Berdaya? di Jakarta, Sabtu (14/8/2021). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak semua pihak termasuk jurnalis untuk menyuarakan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

"Perempuan merupakan advokat terbaik bagi masalah-masalahnya sendiri sehingga Forum Jurnalis Perempuan Indonesia yang menaungi para jurnalis perempuan di berbagai daerah di seluruh Indonesia akan menjadi organisasi yang sangat strategis dalam menyuarakan pentingnya pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender," kata Menteri Bintang dalam Webinar 76 Tahun Merdeka, Perempuan Indonesia Sudah Berdaya? di Jakarta, Sabtu.

Menteri Bintang menuturkan hingga saat ini perempuan masih mengalami diskriminasi, stigmatisasi, marjinalisasi dan kekerasan.

Menteri Bintang mengatakan para jurnalis merupakan garda terdepan penyampaian informasi publik yang mampu menanamkan berbagai wawasan baru kepada masyarakat sehingga dapat mengikis pikiran-pikiran patriarki yang sudah dalam mengakar.

"Marilah kita himpun kekuatan dan tatap satu tujuan bersama yaitu dunia yang setara bagi perempuan dan laki-laki di mana perempuan kuat, mandiri dan berdaya untuk kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Ia berharap momentum Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 dapat memompa kembali semangat persatuan dan perjuangan bangsa untuk menjadikan Indonesia tumbuh, maju dan tangguh.

Salah satu tujuan negara Indonesia adalah untuk menjamin perlindungan, kesetaraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Oleh karena itu, Menteri Bintang juga mengajak seluruh pihak untuk bersinergi meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak untuk Indonesia maju.

"Kesetaraan dan keadilan bagi perempuan dan laki-laki dan menjadi tujuan yang sangat penting untuk dicapai karena akan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia bangsa dalam menjadi motor pembangunan," tuturnya.
Baca juga: Kementerian PPPA tingkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan
Baca juga: Menteri: Wujudkan kesetaraan gender, perlu upaya bersama
Baca juga: Ketidakberdayaan ekonomi sebabkan kekerasan terhadap perempuan
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021