Empat tim Serie A melenggang dari putaran pertama Coppa Italia

Empat tim Serie A melenggang dari putaran pertama Coppa Italia

Ilustrasi empat tim Liga Italia Serie A yakni Spezia, Genoa, Udinese dan Fiorentina yang sudah melangkah ke putaran kedua Coppa Italia. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Empat tim kasta tertinggi Liga Italia Serie A yakni Spezia, Genoa, Udinese dan Fiorentina mampu melenggang dari putaran pertama Coppa Italia seusai mengalahkan lawan masing-masing pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Laga pembuka putaran pertama Coppa Italia dilangsungkan di Stadion Guido Teghil, Lignando Sabbiadoro, di mana Spezia mampu menundukkan tuan rumah tim kasta kedua Pordenone dengan skor 3-1.

Spezia membuka keunggulan pada menit ke-39 saat Martin Erlic menanduk sepak pojok kiriman Daniele Verde sebelum kemudian tembakan jarak jauh Dimitros Nikolaou menggandakan keunggulan tim tamu di pengujung babak pertama.

Pordenone sempat memperkecil ketertinggalan melalui eksekusi penalti Michael Folorunsho pada menit ke-51, tetapi Spezia juga memperoleh tendangan 12 pas di pengujung laga yang dikonversi oleh Ebrima Colley untuk mengunci kemenangan 3-1.

Baca juga: Bawa Juventus juara Coppa Italia, Pirlo siap lanjutkan tugasnya

Dalam laga lain di Luigi Ferraris, Genoa membutuhkan bantuan gol bunuh diri untuk menang 3-2 atas Perugia yang dipaksa menuntaskan laga dengan 10 pemain.

Perugia secara mengejutkan mampu memimpin 2-0 dalam 10 menit pertama lewat gol-gol Mirko Carretta dan Francesco Lisi. Genoa baru bisa membalas pada menit ke-26 melalui eksekusi penalti Domenico Criscito.

Enam menit jelang turun minum, Marcos Curado diganjar kartu merah memaksa Perugia melanjutkan laga hanya dengan 10 pemain dan situasi itu segera mampu dimanfaatkan Genoa untuk menyamakan kedudukan.

Tembakan Hernani dari sudut sempit membentur tiang gawang dan nahas bagi kiper Leandro Chichizola, sebab bola memantul mengenai badannya sebelum menjadi gol bunuh diri.

Baca juga: Wacana perubahan Coppa Italia dianggap langkah elitis

Kendati memiliki keuntungan situasi 11 lawan 10, Genoa harus menunggu hingga menit ke-87 untuk mencetak gol kemenangan melalui sepakan jarak dekat Yayah Kallon dalam situasi kemelut seusai sepak pojok.

Di Dacia Arena, tuan rumah Udinese menang meyakinkan 3-1 atas Ascoli disokong dwigol Roberto Pereyra.

Pereyra membawa Udinese memimpin sejak menit ke-11 hingga turun minum. Delapan menit memasuki babak kedua Nahuel Molina menggandakan keunggulan tersebut, sebelum disusul gol kedua Pereyra yang membuat kedudukan jadi 3-0 bagi Udinese.

Ascoli hanya memperoleh gol hiburan pada menit kedua injury time saat umpan terobosan Federico Dionisi diselesaikan Tomasso D'Orazio, tetapi Udinese tetap melaju ke putaran kedua dengan kemenangan 3-1.

Baca juga: Nicolas Gonzalez sepakati kontrak lima tahun dengan Fiorentina

Sementara itu, Vincenzo Italiano mengawali tenor kepelatihannya di Fiorentina dengan kemenangan telak 4-0 atas Consenza di Artemio Franchi.

Dusan Vlahovic membawa Fiorentina memimpin saat laga baru berusia empat menit dan Nicolas Gonzalez menggandakan keunggulan tersebut dengan tandukannya pada menit ke-37.

Vlahovic mencetak gol keduanya pada pengujung injury time babak pertama dengan tembakan keras menyudahi situasi sepak pojok.

Keunggulan Fiorentina kian lebar setelah Lorenzo Venuti mencetak gol keempat tuan rumah enam menit memasuki babak kedua dan skor 4-0 bertahan hingga bubaran.
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021